Artikel

Mahasiswa UB Raih Prestasi Membanggakan di WICC 2016

Lowokwaru, MC – Produk perawatan kulit (skin care) yang berasal dari limbah kulit manggis, kulit pisang dan kulit buah naga hasil inovasi mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) menyabet penghargaan berskala internasional dengan menyabet medali emas dalam 3rd World Invention Creativity Contest (WICC) 2016 di Korea Selatan, Rabu (3/8).

Tim Ubs
Tim Azala Skin Care Universitas Brawijaya

Raihan emas ini dipersembahkan mahasiswa Fakultas Teknik UB (FT-UB) yang terdiri dari Sofia Afifah A. (Teknik Kimia), Yuyun Drupadi A. A. (Teknik Kimia), Mohammad Rizal Fauzi (Teknik Kimia), Indra Barani (Teknik Mesin), Linggar Gara Putra S. (Teknik Mesin) yang dipandu oleh  dosen pembimbing Vivi Nurhadianty, ST, MT.

Sofia membenarkan ia dan rekan-rekannya baru saja menorehkan prestasi di ajang 3rd World Invention Creativity Contest (WICC) 2016 yang berlangsung di Korsel 28-30 Juli 2016. Untuk bisa meraih juara tim dari FT UB harus bersaing dengan peserta yang berasal dari 20 negara.

“Tim kami bernama tim Azala Skin Care. Sengaja kami menggunakan ekstrak kulit manggis, kulit pisang dan kulit buah naga karena melihat ketiga kulit buah tersebut memiliki anti oksidan tinggi,” jelas Sofia, Rabu (3/8).

Kandungan anti oksidan yang tinggi sangat bermanfaat bagi pencegahan kanker kulit. Produk yang dihasilkan juga bisa menyamarkan bekas luka dan melembabkan kulit.

“Inovasi kami adalah penggunaan campuran lebih dari satu macam buah dan produk baru berupa sabun. Ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa sabun penggunaanya lebih sering jika dibandingkan dengan penggunaan lotion,” ungkap Sofia.

Melalui bahan-bahan limbah buah-buahan dari toko dan penjual jus buah selama ini yang dikumpulkan, seperti dituturkan Sofia, untuk satu kilogram buah bisa menghasilkan empat botol lotion kemasan 100 mililiter dan enam bungkus sabun ukuran 20 gram.

Cara pembuatannya harus dibuat terlebih dahulu ekstrak dari masing-masing kulit buah dengan pelarut metanol. Untuk pembuatan lotion, dibagi menjadi dua fase yakni fase air dan minyak.

Sedangkan untuk pembuatan sabun, ekstrak kulit buah tersebut dan lemon ditambahkan ke dalam fase minyak yang terdiri dari VCO, minyak zaitun, minyak jarak. Bahan-bahan yang digunakan ini juga merupakan produk lokal Indonesia. Produk Azala Skin Care ini dijual dengan harga Rp 15 ribu untuk lotion dan  Rp 5 ribu untuk sabun. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content