Artikel

Koi Berkualitas Hadir di Swalayan Ikan Kota Malang

Lowokwaru, MC – Tak hanya ada ikan segar dan produk olahan ikan, di swalayan ikan Dinas Pertanian Kota Malang yang berada di Jl Sarangan No. 29 ini ternyata ada yang menjual ikan koi. Berbagai jenis ikan koi berkualitas disediakan oleh Malang Nishikigoi Community (MNC) dengan harga yang terjangkau, Rabu (11/1).

Ikan koi di Swalayan Ikan Kota Malang

Salah satu anggota MNC, Rangga Ratno mengakui kehadiran swalayan ikan yang juga berada dalam satu kawasan dengan Pasar Tawangmangu ini sangat menguntungkan komunitas koi Kota Malang.

“Anggota MNC berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari yang total berbisnis ikan koi, dokter, pengacara, dosen, pengusaha pakan, advertising hingga pengusaha rokok,” jelas Rangga, Rabu (11/1).

 Beragamnya latar belakang anggota MNC membuat komunitas yang saat ini memiliki sekitar 50 anggota ini kian asyik dalam menjalankan bisnisnya. Dari yang semula hanya sekedar hobi sampai akhirnya ada yang serius ditangani sebagai sebuah usaha.

“Meski belum lama buka, di Swalayan Ikan Kota Malang ini animo masyarakat cukup bagus. Ini membuat kami semakin optimis di tempat ini akan baik untuk mengembangkan usaha,” terang Rangga.

Rangga menambahkan, ikan koi yang dijual di swalayan ikan harganya cukup bervariasi, mulai dari ikan koi kecil yang seharga Rp 15 ribu per ekor hingga ikan koi berukuran kurang lebih 40 centimenter yang dihargai satu juta rupiah.

“Untuk pembeli yang menginginkan koi yang lebih dari satu juta rupiah maupun koi impor kami juga menyediakan. Namun khusus yang impor tidak kami pajang disini sebab khawatir keamanannya,” terang Rangga.

Selain menjual ikan koi, MNC juga melayani konsultasi terkait beternak koi sekaligus pemasarannya. Ke depan rencananya juga akan ditambah lagi dengan berbagai kebutuhan ikan koi mulai dari pakan, obat-obatan sampai dengan souvenir koi yang menjadi andalan Kota Malang.

Meski tidak banyak yang terjun di bisnis ikan koi, namun diakui Rangga prestasi peternak koi asal Kota Malang sudah banyak. Tidak hanya level lokal maupun tingkat nasional, koi milik arek Malang juga seringkali memenangi kontes di tingkat internasional. (cah/yon)

Baca juga dalam : Artikel
Senin, 29 Mei 2017 5:00 WIB

PDM Kota Malang Launching Sekolah Kebangsaan