Artikel

Museum Musik Indonesia Tarik Minat Pelajar

Sukun, MC – Keberadaan Museum Musik Indonesia (MMI) yang ada di Gedung Kesenian Gajayana Kota Malang tampaknya banyak membuat masyarakat tertarik, baik dari Kota Malang sendiri maupun dari luar Malang. Ini terlihat saat siswa dari SMA Antartika Sidoarjo mengunjungi MMI, Rabu (1/2).

Pelajar dari SMA Antartika Sidoarjo saat di MMI Malang

Tak hanya sekedar melihat koleksi yang dimiliki MMI seperti halnya majalah, kaset, piringan hitam, dan lain sebagainya, para siswa ternyata juga tertarik untuk bermain musik dan bernyanyi.

Hengky Herwanto, Ketua MMI mengungkapkan, saat ini semakin banyak kunjungan ke MMI termasuk dari kalangan pelajar. Kebetulan kemarin, Selasa (1/2) tamu yang datang berasal dari pelajar SMA Antartika Sidoarjo yang khusus datang ke MMI.

“Kami senang banyak mendapat kunjungan, terutama dari anak-anak, karena kami ingin lebih banyak lagi bisa menularkan berbagai pengetahuan penting terkait musik,” jelas Hengki, Rabu (1/2).

Sementara itu guru SMK Antartika Sidoarjo Totok Cahyo Saputro mengungkapkan, pihaknya sengaja membawa siswanya berkunjung ke MMI agar mereka lebih memahami lagi tentang seni. Selama ini kalau hanya diajar di kelas saja tentu bosan dan pendidikan seninya kurang mengena.

“Dengan tahu langsung ke pelaku pelaku seni, kami ingin anak-anak bisa semakin mencintai dunia seni. Salah satu caranya dengan langsung melihat koleksi MMI,” terang Totok.

Dijelaskannya, rata-rata anak yang mengunjungi MMI mengetahui tentang musik karena mereka pengemar musik dan juga ikut dalam kegiatan ekstrakulikuler musik.

“Karena usia mereka masih muda, jarang mereka yang tahu bagaimana sih musisi-musisi dan musik di masa lalu. Dengan kunjungan ke MMI ini, kami berharap anak-anak lebih mengenal musik, termasuk mengenal lagu lama dan musisi hebat di masa lalu,” harapnya. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content