Berita

Mahasiwa Unpak Bogor Belajar Perencanaan Kota ke Pemkot Malang

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang menerima kunjungan dari mahasiswa Jurusan Teknik Planologi Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Universitas Pakuan Bogor, Rabu (22/2). Kunjungan yang dipimpin oleh perwakilan dosen Universitas Pakuan Dr. Ir. Uman Mansyur, MT dan Dr. Ir. Iqwan Arif, MT ini diterima langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Drs. Abdul Malik, M.Pd di Ruang Sidang Balai Kota Malang.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Drs. Abdul Malik, M.Pd bertukar cendera mata dengan perwakilan dosen dari Universitas Pakuan Bogor

Drs. Abdul Malik, M.Pd yang membacakan sambutan Walikota Malang menyampaikan selamat datang dan terima kasih serta penghargaan atas kepercayaan untuk menjadikan Kota Malang sebagai salah satu tujuan belajar guna menimba ilmu dalam rangka mendapatkan pemahaman praktis di bidang perencanaan kota.

Menurut Abdul Malik, wawasan masyarakat akan arti penting ilmu penataan ruang telah berdampak pula pada kurangnya pemahaman dan peran-serta masyarakat dalam kegiatan perencanaan ruang. Di era otonomi daerah, dalam proses pembangunan sangat diperlukan partisipasi dari segenap stakeholders. Partisipasi akan muncul bila masyarakat telah memahami posisi dan kapasitasnya masing-masing untuk mengisi pembangunan.

Terkait hal tersebut, seperti disampaikannya, Pemerintah Kota Malang berupaya untuk mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam mengembangkan penataan Kota Malang. “Salah satunya dengan mengelar Festival Rancang Malang. Realitanya, kini kampung-kampung seperti Glintung Go Green, Kampung Warna Warni dan Kampung Tridi yang ada di Kota Malang telah mampu menarik perhatian nasional dan bahkan internasional,” jelasnya.

Sementara itu ketua rombongan tamu dari Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi Universtas Pakuan Bogor, Gunanda Abdul Rasyid mengucapkan terima kasih karena telah memberikan kesempatan untuk menjadikan Kota Malang sebagai kota tujuan. 

“Kami sangat berterimakasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Malang yang telah memberikan kesempatan untuk menjadikan Kota Malang sebagai tujuan kunjungan kami. Kami  memilih Kota Malang sebagai kota tujuan karena karakteristik Kota Malang yang  memiliki berbagai ragam julukan dan isu yang menarik. Julukan tersebut diantaranya sebagai kota project karya, kota khalayak muda, kota sinergi akademisi, dan menjadi salah satu kota smart city,” urai Gunanda. 

Harapan dari kunjungan ini para mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pakuan Bogor mampu menggali informasi terkait perencanaan Kota Malang sebagaimana yang telah diagendakan, sehingga apa yang diperoleh nantinya dapat diimplementasikan dan dikembangkan guna melengkapi kajian teori yang selama ini telah dipelajari. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content