Berita

Upacara Rutin, Dandim 0833 Tekankan Nasionalisme

Klojen (malangkota.go.id) – Upacara rutin tanggal 17 yang diikuti Keluarga Besar Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang digelar di Alun-alun Merdeka Kota Malang, Jumat ( 17/3). Dalam kesempatan ini Komandan Kodim 0833 Malang Kota Letkol Arm. Aprianko Suseno bertindak sebagai inspektur upacara.

Komandan Kodim 0833 Malang Kota Letkol Arm. Aprianko Suseno menjadi inspektur upacara rutin tanggal 17 di Alun-alun Merdeka Kota Malang

Wali Kota Malang H. Moch. Anton, Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji, Wakapolres Malang Kota Kompol Dewa Putu Eka tampak hadir dalam upacara rutin ini.

Dalam sambutannya, Letkol Arm. Aprianko Suseno menyampaikan, bangsa kita setelah Proklamasi Kemerdekaan telah membuat konsensus dasar yaitu Pancasila dan UUD 1945 sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara guna mencapai cita-cita dan tujuan nasional. Namun dalam rangka mencapai cita-cita tersebut, bangsa dan negara kita selalu mengalami berbagai ancaman dan gangguan.

Saat ini, disampaikannya bahwa ancaman yang sudah berlangsung dan menjajah Bangsa Indonesia adalah adanya upaya untuk melumpuhkan pondasi bangsa kita yaitu Pancasila dan UUD 1945. 

“Kita sadari saat ini sudah ada upaya untuk mengganti Pancasila yang selama ini telah menjadi ideologi kita. Tidak sedikit masyarakat dan anak-anak muda yang tidak hapal Pancasila, sehingga tidak mampu menghayati dan mengamalkan butir-butir di dalamnya,” terang Letkol Aprianko.

Lemahnya ideologi ini akan mempermudah masuknya ancaman-ancaman di bidang lain, seperti radikalisme, terorisme, separatisme, korupsi, narkoba, konflik sosial, trafficking dan lain-lain.

Oleh karenanya, Letkol Arm. Aprianko berpesan hendaknya kita bisa bersatu padu, bersinergi, jangan mudah dihasut, diprovokasi, diadu domba, serta selalu berinovasi dan berkarya sesuai bidang masing-masing.

“Mari tanamkan sejenak dini ideologi Pancasila kepada anak-anak kita untuk dapat menghayati dan mengamalkannya, sehingga Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang aman, tenteram, adil dan makmur sesuai dengan cita-cita dan tujuan nasional kita,” harapnya. (say/yon)

Baca juga dalam : Berita