Artikel

Jambore Onthel Nusantara Kembali Digelar di Kota Malang

Klojen (malangkota.go.id) – Ribuan pesepeda onthel dari berbagai penjuru daerah berpartisipasi dalam acara ‘Jambore Onthel Nusantara Doea’ yang mengambil start di area luar Stadion Gajayana Malang, Minggu (9/4).

Para peserta jambore sepeda onthel sangat antusias

Jambore yang dimeriahkan pawai sepeda onthel ini diberangkatkan langsung Sekretaris Daerah Kota Malang Dr. Idrus Achmad, M.Si bersama Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Malang Drs. Nuzul Nurcahyono.

Sekitar lima ribu ‘onthelis’ itu melewati rute dari Stadion Gajayana menuju Jl. Kawi, kemudian menuju kawasan tengah Kota Malang dan kembali finish di Stadion Gajayana yang jaraknya kurang lebih 17 kilometer.

Sekda Kota Malang Drs. Idrus Achmad, M.Si mengatakan, acara jambore ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-103 Kota Malang. “Acara ini sangat positif sekali, karena merupakan ajang silaturahmi bagi para pesepeda onthel di Indonesia,” kata Idrus. 

Ia menambahkan, keberadaan komunitas sepeda onthel, khususnya di Kota Malang perlu mendapat support dari Dispora agar mereka bisa menyalurkan hobi dengan baik. “Selain hobi juga menyehatkan dan masuk dalam olahraga rekreasi,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dispora Kota Malang Nuzul Nurcahyono mengatakan, pihaknya selama ini sudah mendukung penuh Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kota Malang yang merupakan wadah berkumpulnya para ‘onthelis’

“Dispora sudah bekerjasama dengan Kimia Farma untuk pengembangan Kosti. Berbagai kegiatan juga sudah dilakukan, termasuk jambore ini,” kata Nuzul. 

Ketua Kosti Jawa Timur Purnomo Sugeng Raharjo, menyampaikan bahwa Kota Malang merupakan barometer di Jawa Timur karena memiliki komunitas yang besar dan berhasil menggelar jambore nasional untuk kedua kalinya. 

“Kami berharap acara seperti ini ada lagi tahun depan, karena pesertanya tidak saja dari Jawa, melainkan sampai Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan sebagainya,” kata Purnomo. (say/yon)

Baca juga dalam : Artikel
Senin, 29 Mei 2017 5:00 WIB

PDM Kota Malang Launching Sekolah Kebangsaan