Berita

Kota Malang Jalin Kerjasama Sister City dengan Kota Fuqing

Klojen (malangkota.go.id) – Terus berupaya melakukan percepatan pembangunan di Kota Malang agar semakin maju dan berkembang, Pemerintah Kota Malang menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Fuqing, Republik Rakyat Tiongkok. Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding-nota kesepahaman_red) kerjasama sister city yang dilaksanakan di Ruang Sidang Balaikota Malang, Senin (17/4).

Penandatanganan MoU antara Pemkot Malang dengan Pemerintah Kota Fuqing di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Senin (17/4)

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan langsung oleh Walikota Malang H. Moch. Anton dan Wali Kota Fuqing Zhang Fan disaksikan Wakil Walikota Malang, serta perwakilan dari kedua daerah.

Walikota Malang yang akrab disapa Abah Anton itu mengungkapkan, Kota Fuqing adalah kota maju yang besar di Tiongkok yang sudah bersaing secara global. Dengan terjalinnya kerjasama ini, harapannya bisa semakin mempercepat pembangunan di Kota Malang.

“Kerjasama Sister City dengan Fuqing mencakup bidang pendidikan, pariwisata, kebudayaan dan juga perdagangan,” jelas Abah Anton, Senin (17/4).

Kerjasama di bidang pendidikan dilakukan antara lain dengan melakukan pertukaran pelajar. Begitu juga dengan pariwisata dan budaya, diharapkan semakin banyak warga dari Fuqing yang mau berkunjung ke Malang.

Sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur, Abah Anton menyebutkan pembangunan di bidang pendidikan merupakan prioritas utama. Pengembangan dalam bidang pendidikan pun terus dilakukan, seperti pada pendidikan vokasi, pendidikan inklusif dan sekolah model. 

Sementara itu Wali Kota Fuqing, Zhang Fan mengatakan kerjasama dengan Kota Malang adalah kerjasama yang bagus dan sangat luar biasa. Kehadiran wali kota  yang baru saja menjabat di Fuqing ini adalah untuk mewakili Komite serta penduduk di Fuqing yang berjumlah 1,35 juta jiwa.

“Selain sumber daya manusia yang melimpah, Kota Fuqing memiliki sumber daya alam yang sangat luar biasa. Fuqing merupakan salah satu daerah dengan perkembangan ekonomi yang paling bergairah di Tiongkok,” terang Zhang Fan.

Ditambahkannya, hubungan Kota Malang dengan Fu Qing sudah terjalin erat, sebab banyak warga Fuqing yang merantau ke beberapa negara termasuk Indonesia dan salah satunya adalah ke Kota Malang. Terlebih lagi tanggal 15 bulan Desember 2015 yang lalu Wali Kota Malang H. Moch. Anton beserta rombongan juga berkunjung ke Kota Fuqing.

Berdasarkan rekomendasi bidang urusan perantauan di Fuqing, seperti disampaikan Zhang Fan, maka disepakati untuk meningkatkan hubungan kerjasama persahabatan memasuki tahap yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Harapannya, ke depan akan memberikan dampak positif bagi dua daerah sehingga tujuan bersama dapat direalisasikan dengan baik. (cah/yon)