Berita

Presiden Jokowi Serahkan 10.038 Sertifikat Tanah Gratis

Blimbing (malangkota.go.id) – Dalam kunjungannya ke Kota Malang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pentingnya bukti kepemilikan secara sah (sertifikat) oleh warga. Hal ini terkait masih maraknya kejadian sengketa tanah antara warga dengan pihak lain seperti perusahaan, pemerintah maupun dengan sesama keluarga, dan berbagai pihak.

 

Presiden Joko Widodo menyapa ribuan warga Jawa Timur penerima sertifikat gratis

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam acara penyerahan 10.038 sertifikat tanah gratis dari Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) kepada warga Jawa Timur di Lapangan Rampal Kota Malang, Rabu (24/5). Ditambahkannya, dengan memiliki sertifikat tanah secara sah, maka akan memberikan ketenangan kepada warga masyarakat.

“Ketika ada sengketa tanah, dan saat permasalahan itu memasuki ranah hukum, maka pemilik tanah yang sah akan dinyatakan sebagai pemilik yang sah. Dengan bukti kepemilikan itu, maka putusan pengadilan sudah dapat dipastikan, dan pemegang sertifikat akan dinyatakan sebagai pemilikinya,” terang Presiden Jokowi.

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi menginstruksikan agar ke depan dalam pengurusan sertifikat tanah ini dipermudah dan dipercepat. Pihaknya pun menargetkan di tahun ini setidaknya sudah diserahterimakan lima juta sertifikat tanah kepada warga. Tahun depan minimal tujuh juta sertifikat, dan tahun 2019 minimal sembilan juta sertifikat.

Untuk Jawa Timur, lanjutnya, tahun ini akan diserahkan 500 ribu sertifikat tanah kepada warga masyarakat. “Saya sudah memerintahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang RI yang juga Kepala Badan Pertanahan Nasional agar merealisasikan program ini. Untuk teknis pelaksanaannya terserah yang berwenang, dan kalau saya sudah memerintahkan harus dilaksanakan dengan baik. Nantinya saya pun akan melakukan pengecekan ke lapangan,” tegasnya.

“Hingga saat ini, secara nasional seharusnya sudah diserahterimakan 126 juta sertifikat tanah kepada warga. Namun kenyataan di lapangan, data hingga tahun lalu masih sekitar 46 juta, jadi masih banyak yang belum diserahkan. Maka dari itu, selain saya perintahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang, semua instansi jajaran yang ada dibawahnya agar segera menyelesaikan pekerjaan itu secepatnya,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content