Artikel

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen PT KAI

Untuk  memenuhi  kebutuhan  SDM,  tahun   ini PT  KAI  (Persero) akan   kembali   membuka pendaftaran pegawai untuk  lulusan SMA/sederajat. Rekrutmen pegawai ini akan  secara resmi  dibuka   pada  24  Juli  2017 mendatang, namun  masyarakat yang tertarik untuk mendaftar menjadi pegawai dapat melakukan registrasi terlebih dahulu pada website rekrutmen PT KAI yang baru yakni recruitment.kai.id mulai 20 Juli 2017.

Pada website rekrutmen terbaru ini, para pelamar kerja dapat melakukan registrasi kapan saja tanpa perlu menunggu pembukaan  rekrutmen. Para  pelamar kerja  yang  sudah melakukan registrasi harus melengkapi data pribadi  dan  pendidikannya agar  dapat langsung mendaftar sesuai posisi yang diinginkan  jika sewaktu-waktu dibuka rekrutmen pegawai.

Posisi-posisi  yang   ditawarkan  PT  KAI   untuk   periode  tersebut  adalah  calon   masinis, pengatur perjalanan kereta api (PPKA), petugas rumah  sinyal (PRS), petugas langsir (PLR), petugas wesel (PJW), pengawas peron  (PAP), pemeliharaan sarana, pemeliharaan jalan rel dan jembatan, dan pemeliharaan sintelis.

Informasi terkait  website rekrutmen baru milik PT KAI dan tata  cara  melakukan registrasi ini telah  beredar di  masyarakat  melalui  media   sosial. Namun   ternyata bersamaan  dengan sosialisasi  tentang website  dan  tata   cara   regsitrasi  tersebut,  beredar modus  penipuan berupa surat undangan dari  sebuah agen  travel  yang  mengatasnamakan PT KAI.

Dalam surat  undangan  tersebut,   tercantum  nama-nama  peserta  tes  yang   diundang  untuk menghadiri tes di Gedung  Jakarta Railway Center  (JRC), Jakarta. Dalam undangan tersebut juga disebutkan bahwa peserta diharuskan untuk  melakukan reservasi tiket transportasi/akomodasi dan  melakukan pembayaran ke travel  agent yang  tertera di surat undangan tersebut.

Menanggapi informasi penipuan tersebut, PT KAI dengan tegas menyatakan bahwa segala proses rekrutmen resmi PT KAI, mulai dari pengumuman hingga  proses pengiriman berkas HANYA dilakukan melalui website resmi PT KAI yakni recruitment.kai.id.

Setiap pelaksanaan perekrutan pegawai yang dilakukan  oleh PT KAI tidak dikenakan biaya apapun, termasuk uang  muka, uang  tanda jadi, atau   segala jenis biaya  serupa. Oleh  karena itu, manajemen PT  KAI  mengimbau kepada masyarakat untuk  waspada atas segala upaya penipuan  yang memanfaatkan  momen perekrutan pegawai  yang  dalam  waktu  dekat   ini akan dilakukan  oleh PT KAI.

Masyarakat diharapkan lebih  jeli dan  teliti bila mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen. Jangan  mudah tertarik   dan  waspada akan   segala  bentuk   kemudahan yang ditawarkan   untuk    menjadi   pegawai   dari   oknum    yang    mengatasnamakan   PT   KAI. Masyarakat  dapat  mengecek  kebenaran  informasi  yang   beredar  seputar  penerimaan pegawai PT KAI ke website rekrutmen resmi PT KAI recruitment.kai.id, akun  media  sosial korporat PT KAI  seperti Instagram, Facebook, Twitter @keretaapikita dan  @kai121, atau dengan menanyakan langsung ke Contact Center melalui telepon ke 121 atau 021-121.

Selain  itu, PT KAI juga mengimbau  kepada masyarakat untuk tidak meneruskan/menyebarkan pesan tentang pengumuman rekrutmen PT KAI yang terindikasi palsu untuk menghindari semakin banyaknya orang yang tertipu oleh oknum pembuat rekrutmen palsu tersebut. (Humas PT KAI Daop 8 Surabaya)

Baca juga dalam : Artikel
Rabu, 16 Agustus 2017 5:00 WIB

Kapolres Malang Kota Raih Gelar Doktor

Senin, 14 Agustus 2017 5:00 WIB

Remaja Kel. Polowijen Bersatu Lawan Narkoba