Berita

Wawali Malang Hadiri Peringatan Double Tenth Day

Surabaya (malangkota.go.id) – Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji menghadiri Perayaan Hari Ulang Tahun Taiwan ke-106 di Hotel JW Marriott Surabaya, Senin (9/10).

Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji saat memberikan sambutan

Acara yang juga dikenal sebagai peringatan Double Tenth Day ini dihadiri juga oleh mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI (Purn) Soeparno, Bupati Sampang Fadilah Budiono, Aristokrat Surakarta Kanjeng Raden Aryo Tumenggung (K.R.A.T) Tejo Bagus Sunaryo, Konsulat Kehormatan Hungaria dan Austria, Konsul Kehormatan Selandia Baru, pengusaha Indonesia serta para pengusaha Taiwan dari Jawa Timur, Bali, dan Jawa Tengah yang kurang lebih berjumlah 300 orang.

Acara dibuka dengan dua lagu kebangsaan dua negara yaitu Taiwan dan Indonesia oleh siswa-siswi Surabaya Taipei School. Tuan rumah acara ini Taipei Economic and Trade Office in Surabaya (TETOS) telah menyelenggarakan acara ini untuk yang kedua kalinya.

Director General TETO Surabaya Jeffrey S. C. Hsiao menyampaikan bahwa sejak Oktober tahun 2016 lalu hingga Maret tahun 2017 ini, tingkat pertumbuhan perdagangan dan ekspor impor negara Taiwan dan negara ASEAN sebesar 20,33%, lebih tinggi dari tingkat pertumbuhan perdagangan Taiwan secara keseluruhan.

“Jumlah wisatawan dari negara ASEAN, di periode yang sama yang berkunjung ke Taiwan juga meningkat sebesar 28,64% melebihi jumlah peningkatan wisatawan global. Jumlah pelajar yang datang ke Taiwan tahun lalu mengalami peningkatan sebanyak lebih dari 10% mencapai 31.531 orang” ujar Jeffrey.

Sementara itu Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunjungan TETO Surabaya ke Pemerintah Kota Malang beberapa waktu lalu menjadi  pembuka bagi terwujudnya jalinan kerja sama.

Harapannya dapat menopang kemajuan pembangunan serta hubungan kemasyarakatan antara Kota Malang dengan Taiwan dalam satu semangat untuk membangun satu jembatan persaudaraan, sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas pembangunan di daerah, utamanya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi kepentingan serta kesejahteraan masyarakat.

“Antara Taiwan dan Kota Malang sebenarnya telah mempunyai keterikatan hubungan, dilihat pada keberadaan tenaga kerja Indonesia yang berada di Taiwan mencapai 280 ribu orang. 60 ribu orang berasal dari Kota Malang dan sekitarnya. Serta setiap tahun ada kurang lebih empat ribu orang dari Kota malang yang mengajukan visa ketenagakerjaan ke Taiwan. Setiap tahun ada lebih dari 100 mahasiswa dari Malang yang mengajukan visa studi untuk melanjutkan pendidikan di Taiwan,” ungkap Sutiaji.

Ada banyak momen special pada Perayaan Double Tenth Day ke-106 ini. Kanjeng Raden Aryo Tummenggung Tejo Bagus Sunaryo beserta ibu secara khusus memberikan keris dan batik tulis. Acara diakhiri dengan pemotongan kue dan foto bersama. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content