Berita

Wali Kota Malang Buka Sosialisasi Hari Santri Nasional

Klojen (malangkota.go.id) – Pada hakikatnya kegiatan Hari Santri merupakan sebuah hari untuk memperingati peran besar para kiai dan santri dalam perjuangannya melawan penjajah yang bertepatan dengan resolusi jihad dari KH. Hasyim pada tanggal 22 Oktober. Itulah alasan yang mendasari kenapa Hari Santri Nasional ditetapkan pada tanggal 22 Oktober.

Wali Kota Malang H. Moch, Anton saat membuka kegiatan

Berkenaan dengan hal itu pula maka Pemerintah Kota Malang melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Setda Kota Malang menggelar sosialisasi Hari Santri yang mengangkat tema ‘meneguhkan Peran Santri Dalam Bela Negara, Menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia’ di Hotel Grand Palace Malang, Kamis (19/10).

Kegiatan yang dibuka oleh Wali Kota Malang H. Moch. Anton ini dihadiri oleh KH. Tolhah Hasan, KH. Chamzawi, KH. Agus Suyoto, serta diikuti oleh 100 orang peserta.

Dalam sambutannya, Wali Kota Malang yang kerap disapa Abah Anton itu menyampaikan bahwa sejarah membuktikan, para santri bersama dengan pejuang lainnya mempunyai peran yang sangat penting dalam merebut serta menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Belum lagi para perwira atau prajurit pembela tanah air yang ternyata banyak berasal dari kalangan santri. Sehingga perjuangan para santri harus diperingati menjadi salah satu hari besar di Indonesia,” jelas Abah Anton.

Abah Anton juga berharap agar para santri terus berjuang dengan berupaya meningkatkan eksistensi dalam mengembangkan dan membina serta mengarahkan masyarakat muslim untuk senantiasa berperan aktif dalam mengisi kemerdekaan dengan meneruskan proses pembangunan bangsa dan negara sekaligus menjaga pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Jalinan tali silaturrahmi, tambah Abah Anton, harus terus dijaga demi memperkuat persatuan dan kesatuan serta soliditas intern umat Islam di Kota Malang, mengokohkan tegaknya amar ma’ruf nahi munkar demi terwujudnya Kota Malang bermartabat.

Sementara itu, Wakil Ketua Pengurus Cabang NU DR. Mujab Masyhudi berharap agar momentum peringatan Hari Santri di Kota Malang dapat memberikan motivasi dan kekuatan tersendiri bagi para santri untuk terus maju dan meneruskan perjuangan para pendiri NU. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content