Berita

Dishub Kota Malang Gelar Operasi Penertiban Angkutan Barang

Klojen (malangkota.go.id) – Dinas Perhubungan Kota Malang bekerjasama dengan jajaran Kepolisian secara rutin menggelar penertiban mobil angkutan barang berjenis bak terbuka dan tertutup. Penertiban ini selain agar para pengendara tertib dalam berlalu lintas, juga untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas mengingat saat ini cuaca sangat ekstrim dan rawan terjadi kecelakaan.

Petugas Dishub Kota Malang memeriksa muatan mobil angkutan barang 

Hujan dengan kapasitas tinggi yang hampir setiap hari mengguyur Kota Malang maupun daerah lain dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Genangan air di jalan raya, jalan licin adalah salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Setidaknya beberapa hal itulah yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pengendalian dan Ketertiban Angkutan Barang, Hewan dan Angkutan Khusus Bidang Pengendalian dan Ketertiban Dinas Perhubungan Kota Malang Edy Widodo, SE di sela-sela penertiban di Jl. Simpang Balapan Kota Malang, Rabu (6/12).

Selain surat-surat kendaraan seperti STNK, SIM, uji KIR dan kondisi kendaraan yang diperiksa oleh petugas, barang-barang yang dibawa oleh kendaraan dengan bak tertutup juga diperiksa. Hal ini untuk memastikan bahwa barang yang dibawa pengemudi sesuai dengan surat jalan mereka.

Bagi pengemudi yang menlanggar, seperti halnya SIM dan atau uji KIR-nya tidak berlaku, maka langsung diberikan sanksi tilang ditempat. Tindakan ini untuk memberikan efek jera kepada pengemudi dan sekaligus demi keselamatan mereka. Seperti ketika kondisi ban mobil tipis atau tidak layak jalan, tentu akan membahayakan pengendara.

“Jika surat-surat kendaraan tidak lengkap, kondisi mobil tidak layak jalan dan barang yang dimuat melebihi kapasitas, tentu hal ini akan membahayakan juga bagi pengendara lain. Cuaca ekstrim dengan lebatnya hujan, sangat rawan terjadi kecelakaan tunggal maupun yang disebabkan kendaraan lain,” terang Edy. (say/yon)