Berita

Wujud PKBL, Sarinah Gelar Donor Darah

Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama, Sarinah menggelar donor darah, di halaman pusat perbelanjaan tersebut, Rabu (27/11). Kegiatan seperti ini, menurut Manager Sarinah, Lies Sukarningsih, merupakan salah satu kegiatan rutin setiap tahun.

Acara donor darah yang digelar Sarinah banyak diminati, Rabu (27/11)
Acara donor darah yang digelar Sarinah banyak diminati, Rabu (27/11)

“Selain donor darah, kami juga mengadakan penanaman pohon, memberikan beasiswa pendidikan, membantu perbaikan jalan, dan sebagainya. Event ini merupakan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL). Dengan mengadakan donor darah ini, kami berharap bisa membantu sesama dan stok darah di PMI. Meski hanya dilaksanakan satu hari dengan 60-70 pendonor, kami berharap bisa bermanfaat,” urai Lies.

Hal itu senada dengan yang disampaikan oleh Lani selaku pengurus PKBL Sarinah Jakarta. Anggaran dari PKBL ini diambilkan atau disisihkan dari keuntungan perusahaan sebesar 2 persen. “Tiap tahun kami tidak bisa memprediksi berapa besarnya, karena setiap tahun keuntungan perusahaan juga tidak bisa ditebak. Yang pasti, kami alokasikan sebesar 2 persen untuk program sosial ini,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu petugas donor darah dari PMI Kota Malang, Hartami mengatakan jika donor darah ini selain untuk membantu sesama, juga dapat menyehatkan badan pendonor. “Saat melakukan donor darah, penyakit seseorang yang melalui darah juga dapat terdeteksi, seperti halnya hepatitis C, penyakit hati, penyakit kelamin, dan lain-lain,” paparnya.

Terpisah, salah satu pendonor, Ema Nurhayati (27), yang kebetulan baru pertama kali ikut donor darah, mengaku senang karena bisa membantu sesama umat manusia. “Donor darah sangat menyehatkan, meskipun pada awalnya saya sempat merasa takut untuk ikut donor. Saya takut, karena katanya sakit. Tapi ternyata tidak, dan saya akan ikut lagi jika ada donor darah,” kata warga perumahan Asrikaton, Kecamatan Pakis itu.

Hal serupa juga disampaikan oleh Gustina Panca (26), yang juga mengaku senang dan bangga karena bisa ikut donor darah. Warga Jalan MGR Sugiyo Pranoto Kota Malang itu sudah 2 kali ikut donor darah dan selama ikut donor ia mengaku enak serta lebih sehat.

“Semoga darah yang saya donorkan ini bisa bermanfaat dan bisa membantu orang yang membutuhkan,” harapnya. (say/dmb)

You may also like

Skip to content