Berita

Revitalisasi Alun-alun Merdeka Kota Malang Dimulai

Harapan warga Kota Malang untuk bisa memiliki alun-alun yang indah, sehat, dan akrab dengan keluarga tampaknya akan segera bisa menjadi kenyataan. Secara resmi peletakan batu pertama revitalisasi Alun-alun Merdeka telah dilakukan oleh Wali Kota Malang H. Moch. Anton, Senin (08/12).

Prosesi peletakan batu pertama revitalisasi Alun-alun Merdeka oleh Wali Kota Malang H. Moch. Anton, Senin (08/12)
Prosesi peletakan batu pertama revitalisasi Alun-alun Merdeka oleh Wali Kota Malang H. Moch. Anton, Senin (08/12)

Pembangunan Alun-alun Merdeka Kota Malang sendiri adalah hasil dari dana CSR (Corporate Social Responsibility) Bank Rakyat Indonesia (BRI) senilai Rp. 5,9 miliar dan dijadwalkan selesai pada bulan April 2015. Selama proses pembangunan, Alun-alun Merdeka ini harus steril dari PKL (Pedagang Kaki Lima).

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang, Drs. Wasto, SH, MH mengungkapkan bahwa revitalisasi Alun-alun Merdeka sendiri merupakan program yang direncanakan sejak tahun 2013. Desain alun-alun ini mengambil dari pemenang lomba desain alun-alun yang diselenggarakan beberapa waktu lalu akan tetapi telah disempurnakan lagi.

“Dari penyempurnaan konsep alun-alun yang dibuat, harapannya bisa membuat alun-alun Kota Malang makin cantik serta menjadi ikon kebanggaan,” jelas Wasto, Senin (08/12).

Selain revitalisasi alun-alun, Wasto menambahkan Kota Malang akan lebih banyak lagi membangun taman-taman yang ada di Kota Malang. Setelah Alun-alun Merdeka, melalui dana CSR Kota Malang juga akan membangun Hutan Kota Malabar.

Kepala Kantor wilayah BRI Malang, Mardi Wibawa mengatakan dibangunnya Alun-alun Merdeka ini merupakan bukti bahwa BRI tidak hanya mencari keuntungan semata tetapi juga untuk membawa manfaat bagi orang banyak.

“BRI selama ini sudah sangat banyak membuat program sosialisasi, namun untuk pembangunan taman kota ini yang pertama. Pembangunan alun-alun Kota Malang ini adalah sebuah sejarah,” terang Mardi.

Untuk bisa merevitalisasi Alun-alun Merdeka, Mardi mengaku BRI mengucurkan dana sebanyak Rp 5,9 miliar. Pihaknya berharap semua bisa berjalan lancar sehingga pada bulan April 2015 Alun-alun Merdeka sudah selesai dibangun. “Semoga pembangunan alun-alun Kota Malang bisa semakin membawa manfaat bagi masyarakat banyak,” pungkasnya. (cah/yon)

You may also like

Skip to content