Berita

Malang GKWN Expo 2015 Pacu Kunjungan Wisata

Klojen, MC – Untuk mendongkrak kunjungan wisata dan tingkat okupansi hotel di Kota Malang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang menggelar Malang Gebyar Kriya dan Wisata Nusantara Expo 2015 di Mall Olympic Garden (MOG). Acara ini digelar sejak kemarin, Kamis (26/11) hingga hari Minggu (29/11).

Kepala Disbudpar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengunjugi stan-stan pameran setelah pembukaan acara, Kamis (26/11)
Kepala Disbudpar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengunjugi stan-stan pameran setelah pembukaan acara, Kamis (26/11)

Kepala Disbudpar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, SH, M.Si mengatakan jika acara ini merupakan acara tahunan yang bekerjasama dengan pihak ketiga yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, terutama wisatawan asing. “Tak hanya pameran, tapi juga ada acara pertunjukan kesenian budaya, sehingga lebih menarik,” ujarnya, Kamis (26/11).

Ditambahkannya, ada lima stan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari Jawa Timur dan 25 dari luar daerah seperti Tangerang, Bogor, Depok, dan lain-lain. Wisatawan dibagi menjadi dua, yaitu wisatawan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition_red) dan holiday. “Kota Malang fokus ke pertumbuhan wisatawan MICE, dan hingga saat ini peningkatannya berkisar antara 5-10 persen,” paparnya.

Dalam expo ini bisa ditemukan berbagai produk UMKM seperti batik, tas, dompet, ikat pinggang, tempat tisu dan lain-lain. Menurut Ida, produk-produk UMKM ini sangat kreatif dan inovatif, sehingga jika dikaitkan dengan menjelang dimulainya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada Desember 2015 nanti, produk-produk tersebut sudah siap memasukinya.

Persaingan di era MEA nanti, lanjut dia, tentu cukup ketat, sehingga mutu dan kualitas produk menjadi andalan dalam persaingan. “Produk harus mempunyai ISO dan dikemas sebaik mungkin, dan dari sisi tenaga kerja juga harus bersertifikasi. Dengan demikian, kita nantinya bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ungkapnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content