Artikel

Atlet Inline Skate Kota Malang Akan Turun Berlaga di Jepang

Kedungkandang, MC – Prestasi membanggakan diukir oleh salah satu pemuda asal Kota Malang, Yossi Aditya Nugraha, yang merupakan atlet sepatu roda dari Malang Inline Skate (MILS). Yossy merupakan salah satu dari lima atlet sepatu roda Jawa Timur yang akan mengikuti kompetisi di Jepang pada tanggal 24-25 Juni 2016 mendatang.

Yossy Aditya Nugraha (depan kiri) saat melakukan latihan di Velodrome bersama rekan-rekan timnya menjelang kejuaraan internasional di Jepang
Yossy Aditya Nugraha (depan kiri) saat melakukan latihan di Velodrome bersama rekan-rekan timnya menjelang kejuaraan di Jepang

Kelima atlet sepatu roda yang saat ini mengikuti pemusatan latihan daerah (pelatda) di Sidoarjo yaitu Yossy Aditya Nugraha, Oky Andrianto, Rafiudin Hilmi, Jitasabha Nico, dan Della Olivia. Berbagai persiapan sudah dilakukan dengan maksimal, seperti halnya latihan kecepatan, kekuatan fisik, dan berbagai teknik lainnya.

Seperti terlihat pada Senin siang (20/6) di area latihan Velodrome Sawojajar saat Yossy Aditya dan rekan-rekannya melakukan latihan. Kesempatan pulang kampung ini dimanfaatkan oleh Yossy untuk bisa berkumpul dengan keluarga serta melakukan latihan dengan klubnya.

Di Jepang nanti, remaja berusia 15 tahun ini akan mengikuti dua perlombaan yaitu 20 kilometer eliminasi dan 10 kilometer PTP. Meski saat ini masih bulan Ramadan dan menjalani puasa, hal ini tidak mengurangi jadwal latihan para atlet. Mereka tetap melakukan latihan rutin sebanyak tiga kali, yaitu pagi, siang dan sore hari.

Hal itu dibenarkan oleh Yossy, dimana jadwal latihan seperti itu juga dilaksanakan di Sidoarjo, karena berbagai kejuaraan nantinya sudah menunggu. Sebut saja menjelang PON di Bandung dan piala ibu negara di tahun ini. “Sejauh ini saya sudah siap mengikuti kejuaraan di Jepang dan berharap bisa memperoleh medali agar bisa membanggakan Kota Malang dan Indonesia pada umumnya,” ujarnya.

Yossy yang juga alumni SMPN 21 Kota Malang ini, saat ditanya tentang terpilihnya dia menjadi salah satu atlet yang akan dikirim ke Jepang, mengaku tidak menyangka dan hal ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Begitu juga ketika diklarifikasi tentang perbedaan iklim, Yossy mengaku sudah siap dan kebetulan berdasarkan informasi rekannya di Jepang saat ini sedang musim panas, jadi tidak ada masalah.

Hal senada juga disampaikan oleh asisten pelatih tim MILS, M. Irfan Ainurrohman. Menurutnya, Yossy sudah siap mengikuti Japan Road National Champhionship Asia yang digelar oleh Japan Roller Sport Federation ini. “Kami sudah melakukan latihan maksimal dan memberikan yang terbaik bagi Yossy. Sebagai wakil dari Kota Malang, tentu kita bangga karena dia bisa ikut kompetisi ini. Terlepas dari nantinya apakah Yossy memperoleh medali atau tidak, kami tetap bangga,” jelasnya.

“Pada September 2015 lalu, Yossy juga mengikuti kompetisi internasional di Taiwan dan itu menjadi salah satu modal kuat baginya untuk berangkat ke Jepang ini. Kami mempunyai harapan besar terhadap Yossy, dan mohon doanya untuk semua pihak agar dia nantinya bisa memperoleh medali. Kami tidak muluk-muluk, dan realistis saja, yaitu bisa memperoleh medali perunggu saja sudah bagus. Jika Tuhan berkehendak lain, misalnya bisa memperoleh perak atau emas, itu sangat luar biasa,” ungkap Irfan.

Di pihak lain, ketua tim MILS yang kebetulan orang tua Yossy, Suwono mengaku akan mendukung sepenuhnya dengan adanya kompetisi ini, baik secara tim maupun sebagai orang tua. “Dengan berangkatnya Yossy ke Jepang ini, setidaknya sudah membawa nama Kota Malang dan Indonesia pada umumnya di mata internasional. Kebanggaan ini tentu tak ternilai atau tak sebanding dengan apapun. Maka dari itulah, kami mohon dukungan dan doa dari semua pihak, agar Yossy nantinya bisa memberikan yang terbaik,” pintanya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content