Berita

Ketua MPR RI Terkesan Dengan Kampung 3G

Blimbing (malangkota.go.id) – Kampung Glintung Go Green (3G) yang semakin dikenal masyarakat luas, baik di lingkup nasional maupun internasional menarik perhatian Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Dr. (H.C.) Zulkifli Hasan, SE, MM.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat mengunjungi Kampung 3G

Dalam kunjungannya ke Kampung 3G, Jumat (28/7), Ketua MPR RI terkesan dengan penataan dan pemberdayaan masyarakat di kampung yang diinisiatori oleh Ketua RW 23 Bambang Irianto itu.

Zulkifli mengungkapkan, ia penasaran untuk datang langsung berkunjung ke Kota Malang karena mendengar Kampung 3G memiliki reputasi yang sudah dikenal luas. Keberhasilan Kampung 3 G yang masuk nominasi di ajang Guangzhou International Award for Urban Innovation 2016 menjadi inspirasi tersendiri.

“Pak Bambang sebagai ketua RW adalah orang yang inspiratif. Pak bambang ini orang kaya, kaya inisiatifnya, kaya gagasannya, juga kaya gerakan membawa Kota Malang ke tingkat dunia,” ucap Zulkifli, Jumat (28/7).

Melihat bagusnya gerakan di Kampung 3G, Zulkifli mengatakan bahwa kampung ini bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung lain.  “Jika gerakan ini bisa dilakukan di seluruh kampung di Indonesia, saya yakin Indonesia tidak akan takut krisis. Baik itu krisis air, krisis sayuran, serta tidak takut banjir, sebab semuanya bisa diatasi dengan baik di kampung 3G. Kampung 3G sangat inspiratif,” imbuhnya.

Sementara itu Bambang Irianto, Ketua RW 23 Purwantoro, mengaku sangat senang sekali dengan kunjungan dari Ketua MPR RI yang mau menyempatkan diri untuk datang ke Glintung. Kedatangan orang nomor satu di MPR RI ini menurut Bambang bisa menjadi spirit bagi warga kampung Glintung untuk terus berkarya.

“Terima kasih Bapak Zulkifli Hasan. Kami sebagai orang kampung sangat bangga bapak masih ingat perjuangan kami dari Malang untuk Indonesia,” ucap Bambang.

Bambang menceritakan saat ini pihaknya banyak mendapatkan tawaran untuk membangun kampung-kampung lain di berbagai daerah di Indonesia, diantaranya adalah kampung konservasi air di kawasan Candi Borobudur.

“Saya berharap suatu saat gerakan Kampung 3G bisa menjadi gerakan nasional. Gerakan menabung air di tingkat nasional,” harap Bambang.

Ditambahkannya, saat ini semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke Kampung 3G, baik untuk sekedar berekreasi ataupun untuk belajar. Dengan semakin dikenalnya Kampung 3G, Bambang mengatakan hal itu semakin membuat warga Glintung semakin bersemangat untuk berinovasi. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content