Berita

Dinkop & UM Berikan Pelatihan Produk Makanan Olahan

Malang (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang menggelar kegiatan Pembinaan Kemampuan dan Keterampilan Kerja Bagi Masyarakat Anggota Koperasi melalui Pelatihan Olahan Produk Makanan di Same Hotel Malang, Kamis (23/11) hingga Jumat (24/11).

Kepala Bidang Pengembangan Koperasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang, Noegroho Dwi Poetranto, SH saat memberikan penjelasan kepada peserta kegiatan

Kegiatan kali ini diikuti oleh 77 peserta yang terdiri atas seluruh anggota koperasi wanita dari 57 kelurahan yang ada di Kota Malang.

Acara ini menghadirkan pemateri Kepala Unit Pelaksana Teknis Industri Makanan, Minuman dan Kemasan Provinsi Jawa Timur, Ir. Tri Winarni yang membawakan materi tentang olahan produk makanan.

Saat ini, disampaikan Tri Winarni, peluang bisnis di bidang olahan pangan sangat menjanjikan. Di Kota Malang saja, jika bisa mengambil peluang yang ada, menurut Tri Winarni permintaannya akan sangat luar biasa. Belum lagi permintaan dari luar daerah yang juga tak kalah banyak.

“Binis kuliner tidak ada matinya. Kini tinggal bagaimana masyarakat mengemas produk olahan makanan itu menjadi menarik. Pasar masih sangat terbuka,” ucap Tri.

Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan Koperasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang, Noegroho Dwi Poetranto, SH yang membacakan sambutan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Malang sangat serius dalam mengembangkan koperasi dalam rangka menyejahterakan para anggotanya.

“Adanya kegiatan ini kami harapkan bisa semakin meningkatkan kemampuan anggota koperasi untuk mengembangkan usaha. Sehingga koperasi yang diikuti bisa semakin berkembang,” jelasnya, Kamis (23/11).

Pelatihan kali ini diisi dengan pembinaan keterampilan pengolahan pangan untuk memanfaatkan banyaknya sumber daya alam yang tersedia. Sekaligus memenuhi tingginya permintaan berbagai produk olahan dari Kota Malang yang kian hari kian berkembang.

“Banyaknya kampus di Kota Malang membuat permintaan semakin banyak. Hadirnya para pendatang ke Kota Malang ini tentu menjadi sebuah pasar yang besar,” imbuhnya lagi.

Ditambahkannya, menjadi anggota koperasi tentu bisa membuat sebuah unit usaha yang saling menguntungkan. Melalui koperasi tentu bisa memesan berbagai bahan yang diperlukan untuk usaha dengan harga lebih murah, koperasi juga bisa berkembang karena usaha yang dimiliki anggotanya.

Pelatihan kali ini adalah gelombang pertama, nantinya akan dilanjutkan dengan gelombang pelatihan kedua yang sedianya digelar tanggal 25-26 November 2017, dan yang ketiga diselenggarakan pada tanggal 29-30 November 2017.

cah

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content