Berita

170.340 Personel Siap Amankan Perayaan Natal-Tahun Baru 2018

Klojen (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang H. Moch. Anton memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2017 di Alun-Alun Merdeka Malang, Kamis (21/12). Dalam apel kali ini dihadiri dari unsur TNI-Polri dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) antara lain Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri, Dandim 0833 Malang Kota Letkol Inf. Nurul Yakin, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Malang serta yang lainnya.

Walikota Malang, H Moch Anton secara simbolis menyematkan pita kepada personel pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018

Membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian, Wali Kota Malang H. Moch. Anton menyampaikan bahwa perayaan Natal dan tahun baru yang bebarengan dengan libur panjang sekolah membutuhkan suasana nyaman, aman, lancar sehingga menjadi tugas bersama dalam mewujudkan hal itu.

Berbagai ancaman, tantangan, hambatan seperti serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok serta potensi konflik terkait perayaan Natal harus diantisipasi dengan sebaik mungkin.

“Sebelum Operasi Lilin 2017 dilaksanakan, Polri didukung TNI serta stakeholders lainnya telah melaksanakan rapat koordinasi dengan Kemenhub dan sebagainya untuk menjamin kelancaran arus lalu lintas,” kata Wali Kota Malang yang akrab disapa Abah Anton tersebut saat membacakan amanat Kapolri.

Operasi Lilin 2017 bakal digelar terhitung sejak 23 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018 dengan mengedepankan kegiatan preventif didukung dengan upaya penegakan hukum.

Dijelaskan pula, dalam Operasi Lilin 2017 ini sebanyak 170.304 personel gabungan yang terdiri atas 90.057 personel Polri, 20.070 personel TNI, dan 60.177 personel dari instansi terkait beserta komponen masyarakat lainnya. Selain itu sebanyak 1.609 pos pengamanan dan 643 pos pelayanan juga sudah disiapkan di seluruh Indonesia dalam mensukseskan operasi tersebut.

“Gabungan personel ini hendaknya dapat menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur Natal dan tahun baru khususnya di tempat ibadah, jalan raya, objek wisata hingga fasilitas transportasi,” imbuhnya lagi.

Kapolri sebagaimana amanat yang disampaikan menekankan kepada semua personel agar mempedomani beberapa hal, yakni memetakan potensi kerawanan di masing-masing wilayah, meningkatkan kewaspadaan, melakukan pendekatan kepada elemen masyarakat, mengoptimalkan penggelaran anggota serta melakukan terobosan kreatif melalui rekayasa lalu lintas, dan memperkuat sinergitas polisional dengan seluruh stakeholder.

“Karena itu apresiasi kami haturkan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan Operasi Lilin 2017,” tambahnya.

Wali Kota Malang H. Moch. Anton juga berpesan kepada semua jajaran Forkopimda dan stake holder serta masyarakat agar bersama bersinergi menyukseskan Operasi Lilin 2017. Kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintah serta jajaran TNI-Polri akan membawa situasi yang aman dan nyaman.

“Soal sweeping, kami tegaskan agar ormas-ormas tidak melakukan agenda yang meresahkan masyarakat dan akan kita jaga kenyamanan dan keamanan Kota Malang selama libur Natal dan tahun baru ini,” tegas Abah Anton. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content