Berita

Wali Kota Malang Bagikan Seragam Linmas di Kec. Sukun dan Kedungkandang

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Perlindungan Masyarakat (Linmas) merupakan bagian integral dalam sistim pertahanan keamanan nasional yang dibentuk di setiap desa atau kelurahan dan anggotanya diangkat dari masyarakat yang telah diberikan pelatihan kemiliteran di bawah binaan Satuan Polisi Pamong Praja.

Wali Kota Malang H. Moch. Anton secara simbolis mengenakan seragam kepada personel Linmas

Dengan berpedoman kepada peraturan Permendagri no. 84 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Linmas, maka Satlinmas sangat membantu daerah dalam upaya menciptakan sinergitas dalam upaya mewujudkan masyarakat yang aman dan tenteram.

Menyadari peran penting itulah, Wali Kota Malang H. Moch. Anton didampingi oleh Kepala Satpol PP Kota Malang, Drs. Priyadi, MM menyerahkan secara simbolis pakaian seragam Linmas beserta kelengkapannya di kantor Kecamatan Sukun dan Kecamatan Kedungkandang, Rabu (27/12).

“Linmas yang merupakan ujung tombak aparatur sekaligus perpanjangan tangan dalam menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggal, memperoleh kewenangan didalam membantu aparat keamanan lainnya, seperti TNI, Polisi, Satpol PP, dan lain-lain,” ucap Wali Kota Malang yang biasa disapa Abah Anton tersebut.

Abah Anton juga berharap agar Satlinmas di Kota Malang ini senantiasa melakukan koordinasi dengan unsur keamanan dan pihak terkait dalam urusan keamanan lingkungan, ketenteraman dan ketertiban umum, serta penanggulangan resiko bencana maupun kegiatan kemasyarakatan lainnya.

“Terlebih pada tahun 2018 kita akan mengadakan Pilkada Serentak. Tentu akan banyak sekali gejolak-gejolak persaingan yang terasa menjelang pemilihan tersebut, maka sangat perlu kesiapan dari Satlinmas sebagai pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat dalam mengantisipasi serta mendeteksi kemungkinan-kemungkinan terjadinya gejolak yang lebih besar, dengan secara cepat dan sinergis melaporkan kepada pihak keamanan terkait, agar pesta demokrasi tersebut berjalan dengan aman, lancar dan terkendali,” urainya lebih lanjut.

Abah Anton juga berpesan agar setelah menerima seragam baru ini, mereka mampu memotivasi anggota satlinmas dalam melakukan tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya, sekaligus mengingatkan agar seragam yang dikenakan ini jangan dijadikan sebagai sarana untuk menyombongkan diri, berlaku semena-mena sehingga akan merugikan diri sendiri dan masyarakat.

“Tetaplah rendah hati dengan selalu bersikap tegas dan disiplin dalam menjalankan tugas agar tercipta lingkungan yang aman, tertib, damai, dan tenteram, sehingga nantinya akan membawa pada kondusivitas Kota Malang,” pesannya.

Pada kesempatan ini diserahkan 418 seragam di Kecamatan Sukun dan 456 seragam di Kecamatan Kedungkandang dari total 3.100 petugas Linmas se-Kota Malang. (say/yon)

1 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content