Artikel

Mobil KaCa UMM Sebarkan Semangat Literasi

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terus menggaungkan gerakan literasi dengan cara yang terbilang unik, yaitu dikemas dalam konsep Mobil Pintar.

Mobil Pintar UMM membawa semangat gerakan literasi

Melalui tangan-tangan terampil, mobil berjenis Outside Broadcast (OB) Van pemberian dari Bank Jatim melalui program CSR Bank Jatim Peduli ini ini telah dikreasikan dengan apik menjadi perpustakaan mini.

Tidak tangung-tanggung, mobil tersebut menampung 456 buku yang terdiri dari ensiklopedia, entrepreneurs, IT, hobi, peternakan, pertanian, Muhammadiyah dan Islam umum.

Mengacu pada konsepnya, Mobil Pintar UMM ini disebut dengan Mobil KaCa (Kamis Membaca). Nantinya, Mobil KaCa UMM akan berkelana ke sekolah-sekolah, utamanya di Jawa Timur. Harapannya, Mobil KaCa UMM dapat meningkatkan budaya baca pelajar Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kepala Humas UMM, Joko Susilo, mengungkapkan adanya Mobil Kaca menjadi salah satu bukti bahwa Kampus Putih memiliki target untuk terus mendidik anak-anak Indonesia.

“Sama dengan misi UMM, mencerdaskan kehidupan bangsa, sesuai juga dengan semangat Al-Quran. Wahyu yang diturunkan pertama kali Iqro, membaca itu jadi literasi,” terang Joko, Rabu (31/01) .

Dalam perjalanannya, Mobil Kaca mencerna baik slogan UMM dari Muhammadiyah untuk Bangsa. Terbukti melalui program K-A-N-C-A-N-E yaitu Kepo (Ketahui Potensimu), Ayo Dolanan, Coto (Konco Cerito) Babad, Aku Jurnalis, Nonton, dan EYL, UMM berupaya hadir memberdayakan pelajar.

Kepo (Ketahui Potensimu) merupakan program yang digagas dengan Bimbingan Konseling (BK) UMM untuk memfasilitasi konseling gratis  serta mini tes psikologi bagi siswa, khususnya remaja. Sedangkan Ayo Dolanan merupakan pengenalan berbagai macam permainan tradisional sebagai upaya melestarikan kebudayaan Indonesia.

Ada pula Coto (Konco Cerito) Babad untuk mendidik dan menginspirasi melalui dongeng maupun hikayat, Aku Jurnalis untuk mengedukasi cara menulis dan  program English for Young Learner (EYL) untuk belajar bahasa Inggris.

Selain mengusung program yang lengkap, mobi ini juga dilengkapi fasilitas LED monitor, audio dan full soundsystem yang dapat digunakan untuk menampilkan film-film edukatif.

Sejak Senin (29/1) hingga Kamis (1/2), Mobil Kaca telah menebarkan gerakan literasi ke wilayah Madura yakni Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Bangkalan. Salah satu pengunjung Mobil Kaca, Siti Aminah mengaku kegiatan ini merupakan yang pertama di Madura.

“Enak ini, karena bisa baca-baca disini, nggak perlu ke toko. Seperti saya yang mondok gini kan jarang keluar, nggak tahu toko buku dimana. Dengan ini jadi mudah membaca dan tau berbagai macam buku lain,” kata Siti, siswi kelas XII SMA Al-Islah Sumenep Madura. (hms/say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content