Berita

2019 Kemenkop & UKM Targetkan Pertumbuhan UKM Sebesar 4%

Klojen (malangkota.go.id) – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah terus memberikan pelatihan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) bagi pelaku UKM.

Para peserta pelatihan UKM antusias mengikuti rangkaian pelatihan yang digelar oleh Kemenkop UKM

Hal ini dilakukan agar para pelaku UKM bisa menjadi pelaku usaha yang sukses serta mempunyai daya saing tinggi di era global ini. Hingga tahun 2019 nanti Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan tingkat pertumbuhan UKM sebesar empat persen.

Demikian yang disampaikan oleh Asisten Deputi Pengembangan Peran Serta Masyarakat Kementerian Koperasi dan UKM Harianto, S.Sos, MM, Jumat (2/2/2018) setelah pembukaan acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi SDM KUKM di Hotel Sahid Montana Kota Malang.

Disampaikannya, hingga saat ini pertumbuhan UKM berada di kisaran 3,1 persen, dan berbagai upaya akan terus dilakukan Kemenkop UKM guna mewujudkan target pertumbuhan itu.

Kemenkop dan UKM berharap agar koperasi dan pelaku UKM terus bertumbuh, naik kelas dan menjadi penyanggah perekonomian bangsa. Pihak Kemenkop UKM pun mengimbau agar koperasi dan UKM dapat dikelola dengan sebaik mungkin. Melalui pelatihan ini diharapkan juga akan tumbuh pelaku UKM baru yang tangguh dan  profesional.

Tak hanya berbagai pelatihan membuat produk, pada pelatihan ini para pelaku UKM akan dibantu bagaimama memasarkan produk dari sisi penguasaan teknologi hingga peningkatan kualitas SDM.

“Dengan demikian, berbagai permasalahan yang sering dihadapi pelaku UKM dapat teratasi dengan baik. Harus diakui, kontribusi UKM sangat besar. Dan di tahun 2019 nanti, pihak Kemenkop UKM menargetkan bisa tumbuh hingga empat persen. Dalam tiga tahun terakhir, pertumbuhan sektor UKM ini sangat signifikan, dimana saat ini sudan mencapai 3,1 persen,” imbuh Harianto.

Melalui pelatihan dan pembekalan ini, lanjut dia, diharapkan koperasi dan UKM semakin tangguh, menjadi penopang ekonomi dan bisa bersaing di era pasar bebas. “Guna mewujudkan semua itu, sinergitas berbagai pihak termasuk pemda (pemerintah daerah) berperan besar dan sangat menentukan,” tegas Harianto. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content