Berita

Gandeng Dinkes, Bhayangkari dan Urkes Polres Malang Kota Gelar Imunisasi Difteri

Klojen (malangkota.go.id) – Bhayangkari dan Urkes Polres Malang Kota bersama Dinas Kesehatan Kota Malang menggelar kegiatan sosial pemberian imunisasi pencegahan penyakit difteri, Sabtu (10/2/2018). Acara yang dilaksanakan di Ruang Rupatama Mapolres Malang Kota ini diikuti ratusan anak-anak maupun dewasa.

Ketua Kemala Bhayangkari, Susi Asfuri turut mendapatkan imunisasi difteri

Ketua Kemala Bhayangkari Polres Malang Kota, Susi Asfuri mengatakan jika gelaran ini diselanggarakan sebagai wujud kepedulian para istri anggota polisi untuk mencegah wabah difteri, khususnya di Kota Malang.

“Difteri merupakan wabah yang sangat membahayakan dan bisa mengancam jiwa seseorang. Maka dari itu kita melakukan aksi ini guna menyelamatkan calon generasi bangsa, terutama dari ancaman virus mematikan itu,” imbuhnya.

Terpisah, Kasie Surveilans dan Imunisasi Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Malang, Anik Hertin Pratiwi, S.Kep.Ners., MM. mengatakan jika imunisasi ini sangat dibutuhkan, meski saat ini ancaman difteri di Kota Malang cukup rendah. “Tahun ini memang ada satu kasus, namun dapat ditangani dengan baik,” ujarnya.

Anik mengimbau agar semua pihak turut waspada dan peduli agar ancaman wabah difteri tidak terus melanda. “Sejak tahun 2011, di Kota Malang banyak kasus difteri. Namun berkat kepedulian semua pihak, hingga saat ini terus menurun,” imbuhnya.

“Agar seseorang terbentengi dan terhindar dari virus ini, harus melakukan imunisasi secara rutin sebanyak tujuh kali. Imunisasi harus diberikan ketika anak berusia 2,3 dan 4 bulan. Berikutnya saat anak berusia 1,6 bulan, kelas 1, 2 dan 5 SD serta yang terakhir setiap 10 tahun sekali,” jelasnya lebih lanjut. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content