Artikel

Suburkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa, Ini Langkah UMM

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Malang, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dituntut untuk dapat mandiri dalam operasional kampus. Karena hal itulah UMM berinisiatif untuk membentuk unit-unit usaha yang nantinya akan ikut menyokong universitas dari segi pendanaan dan meringankan biaya perkuliahan mahasiswanya.

WR II Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Nazarudiin Malik membuat racikan kopi di acara launching

Saat ini ada 12 unit usaha yang sudah dimiliki oleh UMM dan terus dikembangkan. Uniknya, nuansa entrepreunership yang dibangun UMM untuk kemandirian lembaga juga ditularkan kepada mahasiswanya. Masih dalam misi UMM Pasti yang digelakkan Rektor UMM Fauzan yakni Pasti lulus 4 tahun, Pasti Bekerja dan Pasti Mandiri kali ini UMM bermitra dengan mahasiswanya.

Baru-baru ini, UMM secara profesional bermitra dengan mahasiswanya untuk mengembangkan salah satu unit usaha yaitu UMM Inn. Kamis (15/3) UMM Inn resmi me-launching Ruang 2.0 Coffee & Library di halaman depan Hotel UMM Inn. Grand opening kafe yang memiliki konsep library atau perpustakaan tersebut berlangsung meriah.

Langkah ini dinilai strategis, mengingat tren ‘ngopi’ menggunakan manual brew (penyeduhan kopi secara manual) yang saat ini sedang marak di Indonesia khususnya di Kota Malang.

Wakil Rektor II UMM, Nazaruddin Malik memaparkan, selain sebagai pengembangan unit usaha, terobosan ini juga menjadi bentuk dukungan UMM kepada mahasiswa yang berwirausaha. Dua orang pemilik dari Ruang 2.0 Coffee & Library merupakan mahasiswa UMM yang sukses mengembangkan usaha kafe dari nol.

“Hal ini kami lakukan karena UMM sangat mendukung dan siap membimbing mahasiswa untuk berwirausaha dan membesarkan usahanya,” jelas Nazaruddin.

Pemilik dari Ruang 2.0 Coffee & Library, Andi Ardiansyah dan Egy Prawigit mengaku tidak menyangka dapat bekerjasama dengan kampus mereka sendiri.

“Kami menawarkan konsep kafe dan perpustakaan karena kami mendukung gerakan literasi juga. Sangat tidak menyangka hal tersebut bisa menarik hati UMM, ini adalah salah satu pencapaian besar kami,” jelas Ardi.

Rencananya Ruang 2.0 Coffee & Library akan beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 – 00.00 WIB. Selain pengembangan Hotel UMM Inn yang melibatkan mahasiswa, nantinya UMM akan kembali membangun Taman Rekreasi Sengkaling dan membangun Youth Corner. Youth Corner ini yang nantinya akan berfungsi sebagai lokasi mahasiswa menjalankan wirausahanya, tentunya dengan biaya sewa yang gratis. (say/UMM/yon)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content