Artikel

Dubes India Resmikan India Corner di UMM

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Euforia Bollywood yang sempat melanda Indonesia beberapa tahun yang lalu kembali bangkit. Hal ini ditunjukkan dengan keberadaan kebudayaan India yang masih mendapat tempat di hati masyarat Indonesia, salah satunya melalui tayangan drama India. Hal ini terbukti dengan perolehan rating yang cukup tinggi untuk drama India yang ditayangkan di beberapa stasiun TV swasta nasional.

Dubes India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat (kiri depan) bersama Rektor UMM, Fauzan mengikuti senam Yoga di UMM

Tidak hanya terkenal dengan artis, dendang musik, nyanyian, dan tariannya, India juga dikenal dengan seni olah kebugaran tubuh, yaitu Yoga. Hal itu terlihat di Hellipad Universitas Muhammdiyah Malang (UMM), Minggu (22/04), sebanyak 400 peserta hadir meramaikan kegiatan senam Yoga.

Peserta yang hadir tidak hanya dari civitas akademika UMM, namun juga Komunitas Senam Yoga Malang dan masyarakat umum. Rektor UMM, Fauzan, menyampaikan bahwa acara ini merupakan pembukan dari rangkaian Festival Budaya India di Malang.

“Senam ini merupakan pembuka acara Festival Budaya India yang diadakan sebagai peringatan hari jadi Kota Malang,” jelas pria yang juga hobi olahraga tenis ini.

Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat yang berkesempatan hadir mengungkapkan senang melihat antusisme peserta senam Yoga di UMM kali ini. Menurutnya, Yoga adalah olahraga yang tepat untuk mahasiswa yang terbiasa melakukan banyak aktivitas.

“Yoga sebagai seni melatih kebugaran tubuh sangat bagus untuk menguatkan badan dan pikiran bagu mereka yang punya banyak aktivitas,” tegasnya.

Selain dihadiri oleh Duta Besar India, ada pula Jeevitha, Krishna Kumar, dan Guna Shekhar. Ketiganya merupakan instruktur senam Yoga yang dihadirkan langsung dari India. Sebagai main instruktur, Jeevithaa menyatakan bahwa Yoga penting karena dapat meningkatkan kesehatan fungsi organ tubuh, meningkatkan fokus pikiran dan relaksasi kinerja otak. “Ada beberapa gerakan pada di senam ini yang fungsinya untuk membuat pikiran relaks,” tuturnya.

Senam Yoga massal ini juga diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UMM sebagai salah satu bahan ajar pada mata kuliah Pendidikan Kesehatan dan Jasmani.

Dosen Penjaskes PGSD UMM Bustanol Arifin berharap, gelaran Yoga kali ini dapat menjadi bekal nyata bagi mahasiswa PGSD UMM saat terjun mengajar nanti. “Saya berharap Yoga ini dapat mereka jadikan bekal untuk mengajar di sekolah,” tambahnya.

Hadir juga mahasiswa asing yang sedang menepuh pendidikan di UMM, Nikhil Kumar salah satunya. Mahasiswa program beasiswa Darmasiswa ini mengaku senang melihat antusiasme masyarakat Malang terhadap India sangat tinggi.

“Di India, saya sering melakukan yoga. Saya senang karena UMM mengadakan acara ini dan mempertemukan saya dengan orang-orang Malang yang sangat mengapresiasi kebudayaan India,” tegas mahasiswa asal New Delhi, India tersebut.

Selain agenda senam Yoga massal, kemarin juga dilaksanakan peresmian India Corner di UMM. India Corner UMM akan bertempat di Perpustakaan Pusat UMM lantai 3. Rektor UMM berharap India Corner dapat menjadi tempat untuk mencari dan menemukan informasi tentang pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan India.

“Kami berharap India Corner menjadi media pencerah bagi mahasiswa yang ingin tahu kebih banyak tentang India,” tandasnya.

Keberadaan India Corner UMM menambah jumlah tempat fasilitas belajar budaya dan pengetahuan umum tentang negara lain yang telah ada di UMM seperti American Corner, Aussie Banget Corner, Thai Corner, dan China Corner. Rangkaian acara ditutup dengan acara nonton bareng film “English Vinglish”, yang diperankan oleh aktris senior India, mendiang Sridevi. (say/UMM/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content