Berita

Pemkot Malang Terima Kunjungan Tim Smart City UI

Klojen (malangkota.go.id) – Tim dari Universitas Indonesia menyambangi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Malang Zulkifli Amrizal, S.Sos, M.Si di ruang Ngalam Command Center yang ada di Balai Kota Malang, Kamis (20/09).

Kepala Dinas Kominfo Kota Malang beserta jajaran saat berdiskusi dengan tim dari UI

Kedatangan tamu yang diketuai oleh Fithra Faisal Hastiadi ini terkait dengan program smart city yang sedang dilakukan beberapa daerah di Indonesia, termasuk salah satunya di Kota Malang.

Menurut Fithra, pihaknya ingin menggali berbagai hal yang berkaitan dengan program smart city, jika dimungkinkan juga terkait kendala yang dihadapi daerah sehingga nantinya akan dicarikan solusi yang terbaik. Seperti halnya program yang ditawarkan yang berlabel smart mobility.

Dalam program tersebut, kata dia, nantinya akan membantu daerah dalam mengurangi dan mengurai kemacetan arus lalu lintas. Konkretnya adalah adanya sistem yang bisa dibenamkan pada traffic light sehingga saat terjadi kemacetan bisa diatur sedemikian rupa.

“Setiap daerah tentu tidak sama, dan memiliki kendala yang berbeda dalam program smart city, sehingga perlu diuraikan secara detail guna mencari solusi yang terbaik. Selain Kota Malang, beberapa daerah juga menjadi tujuan, seperti Surabaya, Banyuwangi, Depok dan Jakarta,” imbuh Fithra.

Terkait beberapa hal tersebut, Kepala Dinas Kominfo Kota Malang, Zulkifli Amrizal, S.Sos, M.Si menyambut baik dan tentu ada kebanggaan sendiri karena Kota Malang menjadi salah satu kota yang dipilih Universitas Indonesia untuk program ini.

Disampaikan Zul, bahwa pihaknya akan mendukung semua program ini sehingga nantinya berbagai permasalahan atau kendala-kendala dapat ditekan seminim mungkin meski sejauh ini berbagai upaya sudah dilakukan. “Salah satunya dengan hadirnya Ngalam Command Center, yang merupakan upaya nyata dari Pemkot Malang kaitannya program smart city,” imbuhnya.

“Berbagai tawaran ini, nantinya juga akan melibatkan dinas terkait seperti halnya Dinas Perhubungan, Perizinan (DPMPTSP) dan Barenlitbang. Dengan demikian, apa yang dicanangkan yaitu kaitannya dengan program smart city akan terealisasi dengan maksimal,” pungkas Zulkifli. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content