Berita

Peringati HPN, LPPL Jatim Gelar Konferensi Nasional

Surabaya (malangkota.go.id) – Dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Surabaya, Asosiasi LPPL Radio Jawa Timur menggelar rangkaian acara Konferensi Nasional LPPL Indonesia yang bertajuk ‘Membangun LPPL yang Kuat untuk Menjadikan Penyiaran yang Sehat.’

Direktur Suara Sidoarjo, Aries Widojoko, ST, ICPM pada acara konvoi OB-VAN di Surabaya, Rabu (6/2/2019). Foto: probolinggokota

Acara yg digelar selama dua hari tersebut diikuti oleh 100 lebih LPPL di Indonesia. Kegiatan tersebut dibuka dengan konvoi puluhan mobil OB-VAN LPPL radio dan tv mengelilingi Kota Surabaya. Konvoi dilepas dari Taman Absari depan Gedung Grahadi Surabaya dan berakhir di Hotel Santika Premier, Rabu (6/2/2019).

Ditemui di sela acara, Sekretaris Asosiasi LPPL Radio Jatim, Rita Triana mengatakan maksud dan tujuan digelar acara tersebut, yaitu untuk menyatukan visi dari LPPL di Indonesia sebagai media penyampai informasi dari pusat ke daerah hingga masyarakat dan sebaliknya.

Rangkaian acara siang itu dilanjut dengan konvoi dari Surabaya menuju Radio Suara Sidoarjo. Kegiatan kembali dilanjut dengan sharing antar peserta LPPL Indonesia di ruang pertemuan Studio Radio Suara Sidoarjo. Kedatangan peserta konferensi LPPL seluruh Indonesia itu disambut hangat oleh kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Kominfo Kabupaten Sidoarjo beserta jajarannya.

Direktur Suara Sidoarjo, Aries Widojoko, ST, ICPM mengatakan bahwa kondisi LPPL saat ini butuh adanya inovasi di era yang serba digital. “Radio adalah industri kreatif, radio LPPL memiliki koridor yang membatasi, tapi bagaimana kita bisa membuat radio kreatif tanpa menerobos batasan dari koridor yang ada,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, yang menjadi pekerjaan rumah saat ini adalah bagaimana caranya agar masuk pada kondisi di mana saat ini adalah era generasi milenial dan ini bukanlah perkara yang mudah. Era digital 4.0 dan sektor prioritas dengan merubah pola penyiaran dengan pola digital. Selain rangkaian kegiatan pawai dan kunjungan ke Sidoarjo, Rabu (6/2/2019) malam juga digelar acara Gala Dinner.

Ketua Panitia, Drs. Syaifudin Ahmad, M.Si mengatakan bahwa pentingnya dalam membangun sinergi antar kepala Dinas Kominfo se-Indonesia untuk menguatkan fungsi LPPL.

Syaifudin juga menambahkan, kegiatan Konferensi LPPL ini pertama kali diselenggarakan di Surabaya Jawa Timur. Diharapkan dengan membangun LPPL yang kuat untuk mewujudkan penyiaran nasional yang sehat.

“Sehingga sinergitas antara pegiat LPPL yang didukung oleh seluruh kepala Dinas Kominfo maka keseimbangan antara inovasi dan ide-ide yang muncul dapat dikembangkan secara nyata untuk mendiseminasikan informasi kepada masyarakat melalui LPPL,” kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan tersebut. (ded/ind/ram)

Baca juga dalam : Berita