Berita

Kota Malang Libatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Klojen (malangkota.go.id) – Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Perempuan – Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Malang di Hotel Savana, Kamis (7/2/2019).

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko membuka acara Musrenbang Perempuan RKPD Kota Malang di Hotel Savana, pada Kamis (7/2/2019).

Acara yang bertajuk ‘Mewujudkan Kesejahteraan dan Kerukunan Sosial Responsif Gender Kota Malang’ itu dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati, S.Sos., MM, perwakilan Darma Wanita, komunitas perempuan, serta Kepala Barenlitbang Kota Malang, Erik Setyo Santoso, ST.,MT.

Tujuan musrenbang ini, dikatakan Sofyan Edi adalah untuk meningkatkan peranan perempuan dan kedudukan yang sangat penting dalam pembangunan. Karena perempuan merupakan pilar negara.

“Perempuan adalah pendidik utama dan pertama bagi putra-putrinya. Perempuan merupakan potensi bagi daerah, jika daerah ingin maju maka potensi perempuan harus dikelola dengan baik agar mampu berperan,” kata Sofyan Edi Jarwoko.

Dijelaskan, sejak tahun 2.000 komitmen pemerintah mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender telah dikukuhkan melalui Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional. Hal itu, dengan berbagai peraturan perundangan yang ada.

“Dengan kebijakan itu, diharapkan memperkuat payung hukum bagi eksekutif untuk menyusun perencanaan pembangunan yang responsif gender baik di tingkat nasional maupun daerah,” ujarnya.

Dalam pembangunan yang responsif gender, Sofyan Edi meminta adanya pehamaman akan partisipasi perempuan dan laki-laki yang setara bukan ketimpangan, agar dapat dipastikan akses dan manfaat pembangunan dapat dibagi dengan adil dan dinikmati secara bersama-sama pula.

“Namun apa yang terjadi saat ini adalah permasalahan ketimpangan gender masih kuat dirasakan oleh masyarakat. Masih banyaknya persoalan terutama yang dihadapi oleh perempuan khususnya perempuan akar rumput baik dalam pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, sosial dan budaya. Ini merupakan realitas bahwa tingkat partisipasi perempuan dalam ruang-ruang publik seperti pada saat perencanaan pembangunan masih cukup rendah,” bebernya

Musrenbang perempuan ini diharapkan dapat menjaring aspirasi dan melibatkan secara aktif dan partisipatif kaum perempuan dalam pembangunan. Karenanya, perlu dirumuskan langkah-langkah perempuan untuk meningkatkan kualitas diri, bentuk kontribusi dan peran serta perempuan dalam kancah pembangunan.

“Amanat dari Pak Wali, diadakan acara Musrenbang Perempuan RKPD Kota Malang. Pak Wali ingin semua elemen masyarakat diberi ruang, karena itulah musrenbang tematik ini mengakomodir empat elemen yang sering kali tertinggal. Ada musrenbang khusus anak yang sudah dilaksanakan, musrenbang perempuan,” pungkasnya. (hms/ram/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content