Artikel

Budidaya Ikan dan Urban Farming Tarik Minat Utusan Palestina

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Kemajuan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi perikanan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) semakin banyak membuat pihak yang berminat untuk datang belajar, termasuk kali ini rombongan dari Palestina yang secara khusus belajar di UMM, Jumat  (15/2).

Utusan dari Palestina saat belajar budidaya ikan di UMM

Di perguruan tinggi yang juga dikenal dengan nama Kampus Putih itu tampak tim dari Palestina yang ternyata adalah dari Kementerian Pertanian dan Peternakan Palestina. Di UMM, para peserta belajar berbagai hal terkait perikanan seperti metode Biona, pembibitan ikan, perawatan ikan, hingga pembuatan kontruksi kolam.

Dosen Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM Ganjar Adhy Wirawan, SPi, MP mengungkapkan ada sebanyak 12 peserta studi banding dari Palestina datang ke Fish Edupark UMM.

Banyak sekali yang dipelajari, mulai dari teknik budi daya ikan, melihat kontruksi kolam, hingga bagaimana merawat air agar ikan nyaman.

“Selain belajar ikan di Fish Edupark, peserta dari Palestina juga belajar teknik pertanian terpadu yang dikembangkan UMM,” jelas (15/2).

Banyak yang membuat peserta dari Palestina ini tertarik belajar ikan di UMM, diantaranya terkait budidaya lele yang ternyata sangat digemari dan masih merupakan barang yang mewah.

Senada, Riza Rahman Hakim mengatakan bahwa tim dari Palestina ini tertarik belajar pengembangan urban farming. Dimana selain ikan, dengan metode Biona juga dikembangkan terpadu dengan budidaya sayuran. (cah/yon)

Baca juga dalam : Artikel