Berita

Wali Kota Malang Siapkan Wilayah Kelurahan Tasikmadu Jadi Kampung Arema

Lowokwaru (malangkota.go.id) Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji tampaknya akan menambah wisata kampung tematik di Kota Malang, kali ini wilayah Kelurahan Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru akan menjadi lokasi dibangunnya Kampung Arema.

Audiensi Dukut Imam Widodo dan tim bersama Wali Kota Malang dan jajaran di Ruang Rapat Wali Kota Malang

“Kampung Arema ini diharapkan akan menjadi kampung tematik yang berbeda dari kampung tematik lainnya. Bukan hanya dari segi bangunan rumahnya, namun juga adat istiadat yang ada di sana semua akan memunculkan khas Malangan-nya,” kata Sutiaji saat audiensi bersama Dukut Imam Widodo dan tim di Ruang Rapat Wali Kota Malang, Selasa (14/5/2019).

Dukut Imam Widodo yang merupakan pengarang buku Malang Tempo Doeloe tersebut sengaja diundang oleh Wali Kota Malang untuk memaparkan ide-ide nya dalam membangun Kampung Arema.

Menurut Sutiaji, Kampung Arema ini diharapkan akan mampu menarik wisatawan yang masuk ke Kota Malang untuk datang berkunjung sekaligus mengenal lebih jauh budaya dan karakteristik Kota Malang.

“Mulai dari ciri khas bangunannya yang terkenal dengan limasan, makanan tradisionalnya, keseniannya sampai dengan bahasa walikan yang sudah membudaya sejak dulu di kalangan kera-kera Mgalam (baca: arek-arek Malang). Kesemuanya itu akan diwujudkan sebagai satu kesatuan utuh di Kampung Arema,” urainya.

Sementara itu, Dukut Imam Widodo menyatakan kesanggupannya untuk turut serta membangun Kota Malang dalam rangka melestarikan kebudayaan yang ada. “Hal ini sebagai wujud Corporate Heritage Responsibility yang akan kami persembahkan bagi Kota Malang” tuturnya.

Turut hadir pula pada audiensi kali ini Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Kepala Barenlitbang Kota Malang, dan Kabag Humas Setda Kota Malang. (Ts/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content