Berita

Saatnya Indonesia Investasi Pengembangan SDM Unggul

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Negara yang maju nyatanya tidak hanya memprioritaskan pembangunan fisik semata, pembangunan sumber daya manusia juga harus dimasifkan. Kita punya bermacam-macam sumber daya alam yang tidak semua negara-negara maju miliki. Manusianya mesti mampu mengolahnya untuk kemajuan negara.

Wantimpres RI Prof. Dr. H. Abdul Malik Fadjar, M.Sc saat menjadi keynote speaker Konvensi Nasional HIPIIS

Hal itu disampaikan oleh Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Prof. Dr. H. Abdul Malik Fadjar, M.Sc. saat menjadi keynote speaker pada Konvensi Nasional Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS), Rabu (07/08/2019) di Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Menurut salah satu perintis HIPIIS ini, Indonesia sudah saatnya berani berinvestasi pada target pengembangan sumber daya manusia (SDM). Hal ini dapat dilakukan dengan bercermin pada negara-negara maju seperti Singapura dan Jepang.

Dua negara ini jelas tidak memiliki banyak sumber daya alam, namun mampu menaklukan dunia. Mereka dapat berkembang pesat karena berani berinvestasi besar untuk SDM.

Majunya negara-negara besar saat ini juga dilatari penguatan identitas yang telah dilakukan melalui budaya. “Betapa kuatnya kultur Jepang mempengaruhi dunia seiring dengan perkembangan kecanggihan teknologinya. Indonesia yang memiliki beragam budaya sebenarnya punya kesempatan besar lebih maju daripada negara-negara yang hanya memiliki satu macam budaya saja,” ujarnya pria yang juga mantan Mendibud itu di hadapan pengurus HIPIIS, guru IPS se-Malang Raya, dan civitas akademika UMM.

Pembangunan fisik, terang Malik, memang harus dilakukan, tetapi jangan sampai melupakan SDM yang akan menjalankan hasil pembangunan tersebut. “HIPIIS memiliki peran yang strategis untuk berkontribusi melalui ilmu-ilmu sosial. Keanekaragaman sosial yang ada di Indonesia menjadi peluang besar meraih Indonesia yang berkemajuan, yakni maju manusianya dan maju negaranya,” tegasnya.

Momentum peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini bagi Malik menjadi titik puncak untuk melihat betapa besarnya Indonesia. Fokus pembangunan SDM unggul sudah tepat bila menjadi agenda besar negara.

“Cita-cita menjadi negara yang maju dan dapat memaksimalkan SDM-nya sudah di depan mata. Semoga HIPIIS terus dapat berkontribusi melalui gagasan-gagasannya untuk mewujudkan Indonesia yang unggul,” tandasnya. (say)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content