Artikel

LALA & LILO, Buku Cerita Berbunyi Karya Mahasiswa UM

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Berawal dari keinginan agar bisa membantu anak-anak agar lebih mudah belajar bahasa Inggris sejak dini, sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) berkolaborasi yang melahirkan sebuah media pembelajaran bagi anak usia prasekolah yakni LALA & LILO.

Alif dan Nilna menunjukkan karya mereka bersama tim

Ketua tim, Alif Hanifatur Rosyidah menyampaikan LALA & LILO yaitu buku bercerita bahasa Inggris berbunyi berbasis aplikasi android untuk anak prasekolah, sebuah inovasi untuk media pembelajaran baru anak prasekolah.

Ke depannya, media pembelajaran ini akan terus dikembangkan sehingga selain untuk usia aprasekolah, juga bisa digunakan sebagai media belajar untuk orang dewasa.

“Terciptanya produk ini setelah kami melakukan studi lapangan di salah satu TK di Jatim, dimana anak-anak kesulitan belajar Bahasa Inggris. Dari masalah itu kami akhirnya berkolaborasi menciptakan LALA and LILO,” beber Alif, Jumat (9/8/2019).

Dengan media pembelajaran LALA and LILO, menurutnya anak-anak usia dini yang belum mengenal baca tulis bisa lebih mudah belajar. Pasalnya saat buku dibuka dan aplikasi berbasis android dijalankan, maka anak-anak dapat belajar dengan menyenangkan.

Menggunakan aplikasi android sebagai pengeluaran suara media pembelajaran ini memiliki keamanan yang baik bagi anak anak tingkat prasekolah. Ini masih ditambah dengan aplikasi android saat membuka tiap halaman LALA and LILO yang berisi tombol yang berisi suara guna memudahkan anak-anak prasekolah belajar.

Senada dengan Alif, anggota tim pembuat LALA and LILO, Hafisah Islami Rahmadina mengatakan meski baru dicetak, buku ini mendapat apresiasi yang luar biasa. Tidak hanya dari guru dan orang tua anak-anak prasekolah namun juga dari Kemenristekdikti.

“LALA and LILO juga menjadi salah satu karya yang lolos Indonesian Invention Innovation Promotion Association (INNOPA) sehingga mewakil Indonesia pada kompetisi 4 Istambul Internationl Infention Fairs ISIF 2019,” terang Nilna, panggilan akrab Hafisah Islami Rahmadina.

Pembuat LALA and LILO terdiri dari lima mahasiswa UM lintas jurusan. Mereka adalah Alif Hanifatur Rosyidah (Mahasiswa sastra Inggris UM), Hafisah Islami Rahmadina (Mahasiswa Ekonomi UM), Indra Nurdien Hakim (Teknik Elektro UM), Nilna Almudnaa Brilianrahma Hermanto  (mahasiswa desain komunikasi visual UM), Rifki Fajar Fitrianto (Mahasiswa teknik elektro UM). Mereka dibimbing Hasti rahmaningtyas SPd.MA. (cah/yon)

Baca juga dalam : Artikel