Artikel

Pentingnya Mengenalkan Ibadah Haji Sejak Dini

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Madrasah Ibtidaiah (MI) Manarul Islam Sawojajar Kota Malang yang berada di bawah naungan Yayasan Amal Sholeh Malang menggelar latihan manasik haji. Kegiatan ini diikuti oleh TK Manarul Islam serta beberapa TK lain di kawasan Sawojajar Kota Malang. Dari kegiatan ini, selain untuk mengajari siswa betapa pentingnya ibadah haji dan makna yang terkandung di dalamnya, sekaligus untuk menguatkan nilai-nilai keislaman sejak dini.

Manasik haji

Dengan tujuan, nantinya akan terlahir generasi penerus bangsa yang bermoral, berakhlakul karimah yang baik dan berdaya saing. Berbagai cara dilakukan oleh keluarga besar MI Manarul Islam Kota Malang untuk menggaungkan bulan haji, terutama bagi para siswanya, agar mereka turut merasakan dan mengerti ada apa dengan bulan haji. Seperti yang terlihat pada Selasa (13/08/2019), para siswa sekolah ini dan puluhan siswa dari TK lain yang ada di sekitar Sawojajar mengikuti latihan manasik haji.

Anak-anak usia dini ini pun mengenakan baju ikhrom dan dibuatkan replika kakbah yang ada di halaman sekolah. Dibimbing para guru, mereka diajari bagaimana melempar jumrah dan berlari-lari kecil mengelilingi kakbah, layaknya orang Islam yang sedang menjalankan ibadah haji di Mekah. Para pelajar TK ini pun terlihat bersemangat dan penuh antusias mengikuti arahan dari para guru.

Dari acara seperti ini, menurut Kepala MI Manarul Islam Dr. Zainul Mujahid, M.Hum mengandung banyak makna, seperti untuk syiar Islam dan memberi pemahaman betapa pentingnya rukun Islam kelima ini, yaitu berhaji ke baitulloh. “Selain itu, gelaran ini juga untuk menggairahkan semangat ukhuwah Islamiyah dan bagaimana napak tilas Nabi Ibrahim alaihis salam,” imbuhnya.

Yang tak kalah penting, imbuh Zainul, bahwa ibadah haji itu diperuntukkan bagi seluruh umat Islam dan tidak membeda-bedakan antara orang Arab dan non Arab. “Tidak membedakan suku, warna kulit, bahasa, dan dari warga manapun. Dalam Islam yang ada hanya ukhuwah dan Islam adalah agama yang damai serta membawa kedamaian bagi seluruh umat,” sambungnya.

Lebih jauh Zainul menyampaikan, melalui kegiatan seperti ini,  Insha Allah akan menguatkan ukhuwah Islamiyah, khususnya di kalangan anak-anak usia sekolah. “Anak-anak usia dini ini pun akan lebih memahami dan merasakan nuansa bulan haji dan juga akan mendapat pengetahuan baru yang akan bermanfaat hingga kelak dewasa,” pungkasnya. (say/ram/yon)

 

Baca juga dalam : Artikel
Senin, 19 Agustus 2019 5:00 WIB

Ignite the Nation Kobarkan Semangat Startup Digital

Minggu, 18 Agustus 2019 5:00 WIB

Bank Indonesia Luncurkan QRIS