Artikel

Anak Muda Taiwan Ikuti Upacara HUT ke-74 RI di UMM

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Ada pemandangan menarik dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu (17/8) pagi. Sejumlah anak muda Taiwan yang mengikuti program pertukaran budaya nampak khidmat mengikuti upacara bendera di Lapangan Helipad UMM.

Peserta pertukaran budaya UMM mengikuti upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI

Li Cheng-Sung yang merupakan siswa kelas 2 SMA Taiwan merasa sangat antusias ketika mengetahui akan mengikuti upacara bendera.

Ia melihat suasana peringatan HUT kemerdekaan sangat meriah. Pelaksanaan upacara bendera di UMM, seluruh pesertanya, termasuk mahasiswanya khidmat mengikuti hingga akhir acara.

Sepakat dengan hal tersebut, Su Ying yang merupakan guru Bahasa Indonesia di Taiwan, merasa sangat senang dapat mengikuti peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia di UMM. Ia merasa kagum dengan semangat nasionalisme yang ada pada diri masyarakat Indonesia.

“Kita melihat dari peringatan kemerdekaan ini, bahwa Indonesia merupakan negara kesatuan. Tidak hanya dilihat dari upacaranya, tetapi juga dilihat dari suasana kemerdekaan yang sudah dirasakan dari jauh-jauh hari. Seperti banyak bendera dan perlombaan,” tutur Su Ying.

Untuk itu, Meinong People Assosiation (MPA) Taiwan yang merupakan gerakan kampanye masyarakat tentang kebudayaan Meinong, mengajak anak muda Taiwan untuk memiliki semangat khususnya dalam melestarikan budaya negara sendiri.

Hal ini diwujudkan dengan datangnya rombongan yang berjumlah 12 orang tersebut untuk pertukaraan budaya di UMM selama dua minggu. (UMM/say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content