Artikel

Kuliah Visi Kerelawanan Digelar di Kota Malang

Blimbing (malangkota.go.id) – Melalui Akademi Relawan Indonesia, organisasi kerelawanan Aksi Cepat Tanggap (ACT) memberikan pembekalan kepada sejumlah relawan dari berbagai daerah di Jawa Timur. Acara bertajuk Kuliah Visi Kerelawanan yang digelar pada Minggu (27/10/2019) di Hotel Grand Cakra Kota Malang ini memberikan banyak pengetahuan seputar kerelawanan dan bagaimana menjadi relawan.

Kuliah Visi Kerelawanan di Hotel Grand Cakra Kota Malang, Minggu (27/10/2019)

Seperti yang disampaikan Ketua Dewan Pembina ACT, Ahyudin. bahwa seorang relawan harus memiliki fisik yang tangguh dan mempunyai berbagai keterampilan. “Sehingga seorang relawan saat diterjunkan di daerah bencana dapat bekerja maksimal dan tahu apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya,” ujarnya.

Dalam penanganan bencana, kata dia, diperlukan pemahanan yang serius tentang bencana. Dimana bencana sebagai sebuah konsep dan sebagai manajemen, sehingga tanpa pengetahuan itu, maka bencana tidak akan tertangani dengan baik.

“Dengan berbagai bekal pengetahuan itu, maka seorang relawan akan berbuat dan bertindak lebih banyak saat berada di daerah bencana. Jadi tidak hanya serta-merta membantu korban bencana,” imbuh Ahyudin.

Aktivitas kerelawanan ini, terang dia, tidak hanya menerjuni aktivitas bencana. Namun lebih dari itu, dimana kerelawanan bisa masuk di semua dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara. Seperti terkait kemiskinan, maka relawan akan berperan sebagai subyek untuk kerja-kerja dalam pengentasan kemiskinan.

Dari gelaran ini, para relawan diharapkan memahami nilai-nilai penting kerja kerelawanan, seperti bagaimana membangun dan merancang program-program kerelawanan yang produktif.

“Di sisi lain, relawan hendaknya bisa menjadi subyek pembangunan bangsa, membangun karakter kerelawanan dan menjadi energi perbaikan serta kebanggaan bangsa,” jelas Ahyudin. (say/yon)

Baca juga dalam : Artikel
Kamis, 12 Desember 2019 5:00 WIB

Dirut PT KAI Cek Kesiapan Angkutan Nataru

Senin, 9 Desember 2019 5:00 WIB

PWI Malang Raya Jaring Atlet Jelang Porwanas