Artikel

Wujud PT KAI Antisipasi Penyebaran Virus Corona

(malangkota.go.id) – Menindaklanjuti ditemukannya penderita virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, maka perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi dan pencegahan terhadap penyebaran virus tersebut. Oleh karena itulah PT KAI Daop 8 Surabaya melakukan berbagai langkah edukasi dan preventif kepada para penumpang kereta api.

PT KAI menyiapkan hand sanitizer untuk penumpang sebagai langkah pencegahan

Langkah-langkah edukasi dan preventif itu diantaranya dengan melakukan sosialisasi (penyuluhan) tentang Novel Corona Virus di lingkungan PT KAI Daop 8 Surabaya sehingga para pegawai KAI Daop 8 mengetahui dan bisa melakukan upaya pencegahan.

Selain itu, pihak PT KAI memasang spanduk/banner dan penyebaran brosur/pamflet di stasiun, serta pemasangan dan pengadaan hand sanitizer dengan kadar alkohol 70-80 persen di lokasi-lokasi strategis stasiun.

Pernyataan itu disampaikan Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Jumat (06/03/2020). Ditambahkannya, bahwa saat ini juga disiapkan posko kesehatan di stasiun besar seperti Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasar Turi, Stasiun Malang, dan Stasiun Surabaya Kota. Unit Kesehatan Daop 8 juga menyiapkan tiga Dokter Umum dan 40 tenaga paramedis yang besiaga 24 jam terbagi tiga shift setiap harinya.

“Kami pun mengadakan bakti sosial pelayanan kesehatan dan sosialisasi pencegahan virus Corona dengan mengunakan kereta api khusus kesehatan (Rail Clinic) dan KAIS 3 yang di jadwalkan PT KAI akan dilakukan pada tanggal 7 Maret 2020 di Stasiun Mojokerto – Stasiun Gubeng – Stasiun Pasar Turi – Stasiun Bojonegoro,” imbuh Suprapto.

Pada pelaksanaan bakti sosial ini, kata dia, dilakukan kegiatannya pemeriksaan kesehatan, pembagian masker, penyuluhan kesehatan tentang Virus Corona, cara cuci tangan, pemakaian masker, serta etika batuk dan bersin.

“Dijalankannya Rail Clinic dan Kereta Inspeksi mengelilingi Pulau Jawa adalah sebagai upaya KAI agar tidak terjadi penyebaran virus Corona di area stasiun dan kereta api,” jelas Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Edi menjelaskan, pada stasiun tersebut KAI akan melakukan pelayanan kepada masyarakat berupa pemeriksaan kesehatan, pembagian masker, pembagian pamflet, dan penyuluhan kesehatan tentang virus corona, cuci tangan, pemakaian masker, serta etika batuk dan bersin.

Dengan gerakan bersama dan terpadu ini, pihak PT KAI berharap juga bisa membantu menangani virus corona ini agar tidak menyebar. Selanjutnya masyarakat menjadi lebih waspada dan tidak panik, karena masyarakat mempunyai pengetahuan tentang langkah – langkah antisipasi yang tepat dalam menangani penyebaran virus Corona. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content