Artikel

Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Malang Bersinergi dengan Pemkot Malang

Klojen (malangkota.go.id) – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Malang melaksanakan kegiatan yang berkolaborasi dengan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Timur, komunitas masyarakat dan Pemerintah Kota Malang untuk mencegah atau memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) serta menyalurkan bantuan terhadap warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Kegiatan ini adalah sebagai bentuk bakti dan sinergitas Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Malang dengan Pemerintah Kota Malang dalam upaya penanganan pandemi virus Corona (Covid-19).

Ketua Kwarcab Kota Malang Kak. Heri Sunarko menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah sebagai bentuk bakti, dukungan penuh dan sinergitas Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Malang dengan Pemerintah Kota Malang dalam penanganan Covid-19.

“Ini sekaligus sebagai lahan pengabdian anggota Gerakan Pramuka dalam pengamalan nilai-nilai Dasa Dharma dan Tri Satya Gerakan Pramuka,” jelasnya.

Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Malang dan berlangsung sampai saat ini antara lain:

  1. Penyemprotan Desinfektan bekerja sama dengan Muspika ( Wilayah Kecamatan sukun dan sekitarnya)
  2. Pembagian Masker
  3. Pembagian sembako kepada warga terdampak, bekerjasama dengan ( Kwarda Jatim, PITI Kota Malang, PSMTI Kota Malang)
  4. Bantuan Pos Check Point Pencegahan Covid-19, mulai tanggal 25 April sd 30 Mei 2020 di perbatasan kota/kabupaten, Terminal Arjosari dan Stasiun Kota baru.
  5. Kerjasama dengan BPBD Kota Malang (pembagian masker dan edukasi cara mencuci tangan yang benar)
  6. Donor darah hasil kerjasama dengan PMI Kota Malang (berkurangnya stok darah karena pandemi Corona)

Ditambahkannya, jumlah anggota Pramuka yang dilibatkan dalam kegiatan ini berjumlah 68 anggota Pramuka Saka Bhayangkara Kwarran/Kecamatan Blimbing dan Brigade Penolong(BP.1332) Kota Malang.

Heri Sunarko berpesan kepada anggota Pramuka yang ditugaskan agar tetap menjaga dan berpedoman pada protokol kesehatan serta senantiasa berdoa kepada Allah SWT untuk memohon keselamatan dan kesehatan pribadi, keluarga, bangsa dan NKRI tercinta. tetap ikhlas dan selalu gembira dimanapun berada.

“Caranya Vadhi Caraste Maphalesu Cada Cana yang artinya jika Ibu Pertiwi sudah memanggil, tunaikan segera kewajibanmu tanpa menghitung untung dan rugi,” pungkasnya. (hms/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content