Blimbing (malangkota.go.id) – Selama dua minggu ke depan pasukan angkatan darat Amerika Serikat menggelar latihan perang dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Malang. Terkait hal tersebut, sesuai aturan di internal militer Amerika harus ada rumah sakit rujukan, sehingga beberapa hari sebelum gelaran ini tim dokter militer Amerika melakukan penelusuran terhadap sejumlah rumah sakit di Malang.

Direktur Rumah Sakit Persada Malang, dr. Sigit Riyanto secara simbolis memberikan cinderamata kepada ketua tim dokter militer Amerika Serikat, Major Julian Gilbert

Sehingga jika terjadi sesuatu seperti tentara sakit, diserang hewan buas dan mengalami kecelakaan lain bisa langsung dirujuk dan dirawat untuk mendapat pertolongan di rumah sakit yang telah memenuhi standar mereka. Dari hasil penelusuran itu akhirnya terpilih Rumah Sakit Persada Kota Malang yang dianggap memenuhi syarat kriteria layak.

Ketua tim dokter tentara Amerika Serikat, Major Julian Gilbert usai meninjau sejumlah ruang perawatan rumah sakit, Kamis (12/11/2020) mangatakan jika rumah sakit Persada layak untuk dijadikan rumah sakit rujukan. “Standarisasi ruangan, tenaga medis dan berbagai peralatan rumah sakit ini lengkap dan memenuhi syarat,” ujarnya.

Tim dokter militer Amerika ini juga terkesan dengan keramahan para tenaga medis, berbagai sarana prasarana hingga sejumlah fasilitas pendukungnya. “Jadi menurut kami setelah dilakukan penelusuran dan penelitian lebih jauh, rumah sakit ini kami jadikan sebagai rumah sakit rujukan untuk membantu militer Amerika yang membutuhkan pertolongan setiap saat,” imbuh Gilbert.

Sementara itu, dr. Sigit Riyanto selaku Direktur Rumah Sakit Persada mengatakan jika hal ini merupakan suatu penghargaan dan kebanggaan tersendiri meski dari pihak rumah sakit tidak ada persiapan khusus. Pasalnya, setiap saat jajaran rumah sakit selalu memberi pelayanan terbaik tanpa membedakan pelayanan  itu diberikan atau dibutuhkan. (say/yon)

You may also like

Skip to content