Kedungkandang (mlangkota.go.id) – Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji didampingi Direktur Utama Perumda Tugu Tirta, M. Nor Muklas, S.Pd., M.Si meninjau sumber air bersih Kota Malang yang terkena minyak di Wendit, Jumat (13/11/2020).

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengecek kualitas air Sumber Wendit

Sutiaji mengungkapkan sudah mengecek dan meminta Dirut Perumda Tugu Tirta untuk secepatnya menormalisasi air dari Sumber Wendit agar segera layak konsumsi lagi. Pihaknya juga memerintahkan agar segera dilakukan pengusutan agar diketahui secara pasti apa yang menyembabkan kejadian ini. “Melihat langsung kenyataan di lapangan ini bukan lagi kelalaian namun sudah masuk pada kesengajaan. Untuk itu biar kepolisian melakukan penyelidikan,” jelas Sutiaji.

Sutiaji menyampaikan bahwa kejadian ini bukan sekadar kelalaian semata sebab jeda waktunya sangat panjang yaitu 1 jam 35 menit. Padahal untuk mengisi tangki genset biasanya hanya dibutuhkan waktu 30 menit.

Keadaan ini masih ditambah dengan tangki genset kapasitasnya sebanyak 1.000 liter, tetapi justru diisi sampai dengan 3.000 liter. Sehingga membuat solar meluber dan mencemari sumber Wendit yang berdampak pada pelanggan PDAM Kota Malang. “Dari pengecekan ini air sudah jernih namun bau solar masih ada untuk itu saya mohon maaf kepada masyarakat Kota Malang yang terganggu pelayanan airnya dari PDAM,” tegas Sutiaji.

Sementara itu, M. Nor Muklas mengungkapkan proses penanganan normalisasi air PDAM terus dilakukan. Namun memang tidak bisa seperti menyambungkan aliran listrik yang sekali sambung semua bisa menyambung, untuk air perlu penanganan lebih lanjut. “Untuk air yang tercemar petugas melakukan flusing untuk menguras air yang tercemar di dalam pipa. Harapanya saat dialirkan air sudah benar-benar bersih,” ujar Muklas. (cah/ram/yon)

You may also like

Skip to content