Berita Sosial dan Kesra

Wali Kota Sutiaji: Seorang ASN Dibutuhkan Kolaborasi dan Kebersamaan

Klojen, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah membekali para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu dihelat dalam acara workshop kompetisi budaya kerja di Hotel Savana, Kamis (8/4/2021).

Workshop kompetisi budaya kerja di Hotel Savana Kota Malang

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji mengatakan bahwa ciri-ciri masyarakat modern adalah pragmatis dan cenderung egois dan oportunis. Masalah sendiri dibawa ke institusi sehingga mendegradasi nilai-nilai kolaborasi dan kebersamaan. “Itu tidak boleh terjadi di institusi yang melayani masyarakat. Karena seorang ASN dibutuhkan kolaborasi dan kebersamaan dalam melayani masyarakat,” jelas Sutiaji.

Tujuannya, agar bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Tak bisa dipungkiri, bahwa ASN biasa berpindah-pindah posisi dalam pekerjaan. “Jika basic-nya personal jangan berharap kelangsungan program bisa terlaksana dengan baik,’” tegas Sutiaji.

Sutiaji menambahkan apa yang dilakukan dalam bekerja tidak bisa imitasi, apalagi menjadi simulasi belaka. Tetapi, sudah harus program yang benar-benar riil dilaksanakan dan dibutuhkan masyarakat. “Kuncinya adalah kita harus berbuat baik. Dengan berbuat baik kepada orang sesungguhnya adalah berbuat baik kepada diri sendiri,” terang Sutiaji.

Menurut Sutiaji, membantu orang pada hakikatnya adalah membantu diri sendiri, menghormati orang berarti menghormati diri sendiri, tidak ada sejengkalpun apa yang dilakukan manusia, kecuali akan kembali kepada diri sendiri. “Masyarakat adalah pemilik kedaulatan. Menyenangkan rakyat itu sebenarnya tujuan pemerintah,” pungkas Sutiaji. (cah/ram)

You may also like

Skip to content