Berita

Di Tengah Pandemi, Bisnis Ikan Koi Kian Menjanjikan

Blimbing, (malangkota.go.id) – Sukses kembangkan One House One Pond (OHOP) dengan budidaya ikan lele dan nila, Riza Rahman Hakim terus melakukan inovasi. Dia memanfaatkan lahan terbatas untuk mengembangkan OHOP koi, Sabtu (8/5/2021).

Riza Rahman Hakim bersama ikan koi

Riza Rahman Hakim mengungkapkan, OHOP koi adalah pengembangan usaha budidaya ikan di lahan terbatas yang saat ini prospeknya sangat bagus. Berbeda dengan budidaya ikan konsumsi budidaya, ikan koi keuntungannya bisa berlipat lipat.

“Dengan hanya memanfaatkan kolam terpal 2×1 meter dan kolam akuarium 1X½ meter, OHOP koi sudah bisa menjadi sebuah usaha,” jelas Riza yang juga sebagai dosen jurusan Perikanan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.

Berbeda dengan ikan konsumsi yang dijual dengan harga per kilogram, ikan koi dijual per ekor dengan harga bagus dan stabil. Terlebih di masa pandemi saat ini, ternyata permintaan ikan koi justru semakin meningkat karena orang lebih banyak beraktivitas di rumah.

“Dari setahun pengembangan OHOP koi yang saya lakukan permintaan terus mengalir. Tidak hanya dari Malang Raya, permintaan juga banyak datang dari Bandung dan Jakarta,” kata Riza.

Riza menambahkan permintaan terhadap ikan koi tidak pernah sepi dan tidak lepas dari keunikan para penghobi koi saat memelihara ikan. Pasalnya meski sudah memiliki banyak ikan, seorang penghobi koi pasti tertarik untuk mencari lebih banyak lagi.

“Kalau kolamnya tidak cukup biasanya penghobi koi memilih menjual koleksi yang dimiliki dan membeli lagi yang kualitasnya lebih bagus,” ujar Riza.

Berdasarkan pengalaman itu, Riza akhirnya bisa menyimpulkan agar ikan koi bisa laris dibeli orang, maka harus bisa terus menyediakan ikan koi yang berkualitas. Melalui pengalaman itu, justru lebih mudah menjual koi berkualitas meskipun harganya mahal dibanding koi yang kualitasnya biasa saja.

Dengan inovasi yang dibuat saat ini, Riza bahagia bisa memenuhi keinginan setiap tahun harus bisa mengeluarkan temuan baru. Inovasi OHOP koi ini semakin melengkapi penemuan pria yang tingga di Jalan Titan Kota Malang ini. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content