Berita

Pemkot Malang Ikuti Upacara Virtual Hari Lahir Pancasila

Klojen,(malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 dengan memakai pakaian khas Malangan dari Ngalam Command Center, Balai Kota Malang, secara virtual, Selasa (1/6/2021). Upacara ini dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Jakarta.

Mengikuti upacara virtual Hari Lahir Pancasila dari Ngalam Command Center, Balai Kota Malang, secara virtual

Presiden Jokowi mengatakan bahwa Hari Lahir Pancasila tiap tanggal 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Indonesia berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan,” ujar Presiden Jokowi.

Jokowi menambahkan globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Di mana yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi antarpandangan dan antarideologi.

Ideologi transnasional cenderung meningkat dan memasuki setiap lini kehidupan bermasyarakat dengan berbagai cara. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi kontemplasi ideologi.

Revolusi industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan berdialog, berinteraksi, dan berorganisasi. Dalam skala besar melintasi batas negara ketika konektivitas melanda dunia maka interaksi antardunia akan semakin mudah dan cepat.

Kemudahan ini jika digunakan oleh ideologi transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, seluruh kalangan, tidak mengenal lokasi, dan waktu. Kecepatan ekspansi ideologi transnasional tadi bisa melampaui standar norma ketika memanfaatkan destruksi tekonologi.

“Menghadapi semua ini perlu wadah dan pendalaman nilai-nilai Pancasila yang tidak bisa dilakukan dengan cara-cara yang biasa. Diperlukan cara-cara yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Jokowi.

Terutama revolusi industri 4.0 sekaligus Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. “Saya mengajak seluruh aparat pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia,” sambungnya.

Upacara dari Kota Malang ini diikuti oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko, Forkopimda, dan kepala perangkat daerah. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content