Berita

Warga Nahdiyin Malang Raya Donasi untuk Warga Palestina

Malang (malangkota.go.id) – Tak hanya mengajak memanjatkan doa setiap menjalankan salat, warga Nahdlatul Ulama (NU) di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu (Malang Raya) juga mengajak untuk berdonasi bagi warga Palestina yang hingga saat ini masih dijajah oleh Israel. Seperti yang terlihat pada Selasa (15/6/2021), para pengurus ranting dan cabang NU dari Malang Raya berkumpul di gedung bundar Universitas Islam Malang.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji secara simbolis juga turut berdonasi bagi warga Palestina

Bertajuk ‘Malang Raya Berdoa untuk Palestina,’ mereka memanjatkan doa dan menggalang donasi. Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar yang hadir dalam gelaran tersebut mengatakan bahwa, pihaknya turut prihatin dan berusaha sebisa mungkin untuk meringankan beban warga Palestina. Selain karena sesama umat Muslim, kepedulian ini juga karena atas nama kemanusiaan. Sehingga warga nahdiyin merasa berkewajiban dan tergerak untuk membantu.

Forkopimda Malang Raya yang hadir tersebut turut berdonasi, hingga Selasa sore setidaknya sudah terkumpul donasi sekitar Rp500 juta. “Hasil donasi ini akan dikelola dan dikumpulkan di Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZIZNU) serta Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur sebelum diserahkan kepada kedutaan Palestina,” jelas KH Marzuki.

Tak hanya bagi umat Muslim atau kalangan NU saja, masyarakat umum pun dipersilakan jika ingin berdonasi. “Gerakan seperti ini adalah langkah nyata dari kaum Muslim terutama NU. Warga Palestina juga merupakan saudara kita yang harus dibela dan atau diringankan bebannya. Mari kita selalu doakan di tiap hembusan napas kita dan berdonasi sesuai kemampuan kita,” ajak kiai sepuh itu.

Pernyataan senada disampaikan Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji yang juga menyampaikan bahwa, langkah nyata itu sangat positif dan harus berkelanjutan agar hasil yang raih juga lebih optimal. Menurut pria berkacamata ini, bahwa cara seperti ini lebih elegan dan pihaknya mengimbau agar tidak turun ke jalan atau menggelar aksi yang memicu anarkisme.

“Mari bersatu padu dan saling membahu untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina. Meski mungkin tidak bisa mendonasikan harta atau sebagian dari rezeki kita, setidaknya kita bisa berdonasi doa. Doa pun akan sangat bermanfaat, karena Allah SWT Insha Allah akan menerima semua doa kita,” imbuh orang nomor satu di Pemkot Malang itu.

Lebih jauh dia mengatakan, bahwa apa yang bisa dilakukan saat ini maka hendaknya disegerakan daripada tidak sama sekali. Pasalnya, karena untuk datang langsung ke Palestina kemungkinannya sangat kecil. Maka selagi bisa berdoa, maka berdoalah dan jika ingin berdonasi maka salurkan di lembaga yang sah atau resmi.

“Semoga apa yang kita lakukan dapat bermanfaat dan mendapat pahala dari yang Mahakuasa,” pungkas Wali Kota Sutiaji. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content