Berita Pelayanan Publik

Mudahkan Bayar Zakat, Baznas Kota Malang Launching Website

Klojen, MC – Meningkatkan dan memudahkan masyarakat membayar zakat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang meresmikan pembayaran zakat berbasis website di Hotel Regent Park, Selasa (23/11/2021). Acara ini diresmikan oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji launching pembayaran ZIS melalui web

Wali Kota Sutiaji mengungkapkan hadirnya program pembayaran zakat, infak dan sedekah (ZIS) untuk memudahkan masyarakat. Lebih dari itu juga untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat atas dana yang dikeluarkan telah tepat sasaran.

“Dengan adanya website bisa semakin meningkatkan transparansi pembayaran ZIS. Karena masyarakat secara keseluruhan bisa memantau dengan mudah melalui aplikasi ini,” jelas Sutiaji.

Jika masyarakat mudah membayar ZIS, maka mereka percaya dana yang disalurkan kepada Baznas Kota Malang akan efek. Di mana dengan kepercayaan itu masyarakat tidak akan ragu lagi mengeluarkan ZIS melalui Baznas Kota Malang.

“Saat ini baru 20 persen dari potensi zakat kita yang dapat dikumpulkan. Masih banyak potensi lain yang dapat dihimpun Unit Pengumpul Zakat (UPZ),” tegas Sutiaji.

Seperti program Gerakan Seribu (Gerbu) rupiah per hari yang selama ini sudah dijalankan memiliki kekuatan Rp350 juta per hari. Melalui cara ini bisa menghimpun dana dari para Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Dari sini tentu dibutuhkan peningkatan kualitas Sumber daya manusia (SDM) UPZ yang harus terus diperhatikan Baznas Kota Malang. Agar ke depan semakin besar kekuatan kita untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” terang Sutiaji.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Malang Sulaiman mengungkapkan, dibentuknya website ini Baznas sebagai langkah untuk memudahkan masyarakat yang akan membayar ZIS. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kualitas SDM UPZ dalam pengelolaan ZIS, serta sebagai strategi ekonomi pengumpulan ZIS berbasis teknologi informasi. “Harapannya adalah pengumpulan dan pengelolaan ZIS dapat berjalan maksimal. Karena tidak saja dikumpulkan secara manual namun juga secara digital,” ujar Sulaiman.

Melalui metode ini, maka transparansi pengelolaan ZIS di Baznas Kota Malang dapat dilaksanakan dengan lebih baik. Tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat pada Baznas Kota Malang. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content