Berita Pelayanan Publik

KAI Daop 8 Surabaya Operasikan 39 Kereta Api Lebaran

Malang, (malangkota.go.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya telah membuka penjualan tiket kereta api pada masa Angkutan Lebaran 1443 H di aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya. KAI menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan hingga 16 Mei 2022 dan seterusnya.

Calon penumpang kereta api menunggu kedatangan kereta api

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, pada Sabtu (2/4/2022) mengatakan perubahan ini dilakukan untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa angkutan lebaran. KAI mengingatkan kepada calon pelanggan agar teliti dalam memilih tanggal, relasi, dan input data diri, pada saat melakukan pemesanan.

Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan menuju ke stasiun. Jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa mudik Lebaran. “KAI juga meminta masyarakat mengikuti perkembangan terkait persyaratan menggunakan kereta api di masa angkutan lebaran dari pemerintah. Saat ini KAI juga sedang menunggu peraturan resminya dan akan segera kami sosialisasikan jika aturan tersebut diterbitkan,” ujarnya.

KAI menetapkan masa angkutan Lebaran yaitu H-10 s.d H+10 Lebaran atau 22 April hingga 13 Mei 2022. Pada periode tersebut, KAI memprogramkan perjalanan KA rata-rata 39 KA jarak jauh per hari , dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata per hari sebanyak 23.490 tempat duduk KA jarak jauh. Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA jarak jauh yaitu 100 persen.

Sampai dengan 2 April pukul 12.00 WIB, KAI telah menjual 37.892 tiket KA jarak jauh untuk keberangkatan periode 22 hingga 13 Mei 2022 atau 8 persen dari total tiket yang disediakan. KA favorit masyarakat pada periode tersebut, yaitu KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasar Senen PP, KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi – Gambir PP, KA Gayabaru Malam Selatan relasi Surabaya Gubeng – Pasar Senen PP, KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng – Bandung PP, dan lainnya.

Adapun tanggal keberangkatan favorit masyarakat kata Luqman, yaitu pada tanggal 28-30 April. “Tiket KA pada masa angkutan lebaran masih cukup banyak tersedia. Masyarakat dapat segera memesan tiket untuk keberangkatan angkutan lebaran melalui berbagai channel penjualan yang tersedia,” pungkasnya. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content