Berita Kesehatan

Hari Susu Nasional, Momen Tingkatkan Konsumsi Susu

Malang (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengajak seluruh elemen untuk berkolaborasi dan berakselerasi meningkatkan konsumsi susu nasional, sekaligus membangun industri pengolahan susu dalam negeri dari hulu hingga ke hilir.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji  saat Seminar Nasional Hari Susu Nusantara 2022

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam kegiatan Seminar Nasional Hari Susu Nusantara 2022 yang mengusung tema “Membangun Resilience Peternakan Sapi Perah Rakyat di Masa Pandemi Covid dan Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)” di Hotel Atria, Kamis (2/6/2022).

Wali Kota Sutiaji menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Peternakan dan Perikanan, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang telah memilih serta menggelar kegiatan kampanye minum susu dan seminar nasional di Kota Malang.

“Pertama, dapat membawa nama Kota Malang bagaimana terus menerus ikut membangun bangsa dan negara kita Indonesia. Kedua, ada proses pertumbuhan ekonomi di tingkat daerah sehingga dapat berjalan dengan baik, serta yang ketiga pemahaman secara literatif kami akan semakin kuat. Betapa pentingnya kita memaknai kehidupan dalam semua sektor untuk kolaborasi, akselerasi untuk membangun Indonesia untuk itu kami mengucapkan ribuan terima kasih,” ungkap Sutiaji.

Sutiaji menyambut baik kegiatannya di Malang karena menjadi salah satu tempat produksi susu terbesar. Di mana kebutuhan konsumsi susu di Indonesia sekitar 4 juta dan Jawa Timur mendukung kurang lebih 500-an ribu yang berarti hampir 23% produksi susu berada dari Jawa Timur.

“Kampanye gemar minum susu bertujuan untuk kesehatan dan kecerdasan. Dengan meminum susu maka kesehatan akan terjaga dengan baik, yang akan berdampak pada kecerdasan,” katanya.

Seperti tagline dari kegiatan kampanye minum susu ini, yakni minum susu segar setiap hari, aman dan sehat untuk pertumbuhan dan kecerdasan bangsa. Save peternak sapi perah menuju Indonesia yang tangguh dan maju. Untuk menggiatkan gemar minum susu mari bersama-sama memberikan literasi untuk meningkatkan dan menguatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan karena kembali kepada perilaku.

“Di mana susu ini kan sumber nutrisi alami yang baik untuk tubuh karena kandungannya seperti protein dan kalsium. Kebiasaan minum susu di Kota Malang Alhamdulillah bagus, ada susu segar dan susu olahan kita supply-nya ada dari dinas sosial juga, sekolah-sekolah juga,” tambahnya.

Terkait penanganan dan penanggulangan wabah PMK, ia menyampaikan bahwa Pemkot Malang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan terus berkeliling melakukan mitigasi. Sutiaji mengajak untuk bersinergi dan berkolaborasi membangun resilience peternakan sapi perah rakyat agar dapat melewati masa sulit pandemi Covid -9 dan wabah PMK.

“Semoga industri susu di Indonesia terus maju untuk mendukung generasi yang sehat, cerdas dan bermartabat dengan meningkatkan produksi dan konsumsi susu nasional,” tutupnya. (eka/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content