Berita Lansia

Semangat Ciptakan Malang Ramah Lansia Bergema dari Perguruan Tinggi

Klojen, (malangkota.go.id) – Semangat menciptakan Malang Ramah Lansia terus bergaung di Kota Malang dengan banyaknya kegiatan bersama lanjut usia (lansia). Hari ini, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko bersama Eyang Sanggar Lansia Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang menggelar peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Balai Merdeka Unmer Malang, Minggu (5/6/2022).

Lansia saat berada di Unmer Malang

Bung Edi, sapaan Sofyan Edi Jarwoko berterima kasih kepada Fakultas Psikologi Unmer atas digelarnya peringatan HLUN di kampus tersebut. Kegiatan ini menjadi penyemangat usaha Kota Malang menciptakan Malang Ramah Lansia.

“Untuk bisa menjalani masa lansia dengan baik, semua butuh persiapan. Baik itu kesehatan, ekonomi maupun pendidikan. Untuk itu berbagai edukasi harus terus dilakukan,” jelas Bung Edi.

Dengan persiapan yang baik, saat lansia datang masyarakat tetap bisa bergembira, bahagia dan tetap produktif. Menjadi lansia jangan sampai menjadi beban, namun menjadi lansia tetap harus bisa berkarya dan berprestasi.

Untuk itu di Kota Malang sudah merintis Sekolah Ramah Lansia yang ada di Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun. Dari sekolah itu banyak yang bisa dipelajari bagaimana menyiapkan diri menjadi lansia sebaik mungkin. Harapannya terus diedukasikan, digiatkan, dan diberikan ruang berinteraksi hingga ke kampung lansia di Kota Malang.

“Lansia memiliki pengalaman yang luar biasa yang bisa diajarkan kepada generasi penerus. Ini sangat penting untuk membangun generasi yang tangguh, percaya diri, dan berprestasi,” tegasnya.

Ketua Yayasan Unmer Tugino mengaku senang dengan kehadiran Wakil Wali Kota Malang di kampus tersebut. “Usia saya sudah 77 tahun, namun sampai saat ini saya tetap berkarya. Menjadi Ketua Yayasan Unmer, Ketua Dewan Koperasi Kota Malang, Ketua Dewan Pertimbangan Veteran Pepabri. Lansia menjadi bukti bahwa bukan halangan bagi saya untuk tetap produktif dan berkarya bagi bangsa dan negara,” terang Tugino. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content