Berita Ekonomi Kerakyatan

Kota Malang Miliki UMKM Corner untuk Pasarkan Produk

Malang, (malangkota.go.id) – Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko meresmikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Corner di Pasar Kasin, Rabu (6/7/2022). UMKM Corner ini adalah tempat yang dikhususkan untuk memamerkan dan memasarkan produk-produk UMKM lokal binaan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang.

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko meresmikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Corner di Pasar Kasin

Dalam sambutannya, Bung Edi, sapaan akrab Sofyan Edi Jarwoko mengatakan, bahwa keberadaan UMKM Corner ini merupakan bagian dari binaan Diskopindag terhadap UMKM lokal di Kota Malang. Diskopindag tidak hanya membantu produksi dan legalitas, tetapi memberikan ruang untuk memasarkan produk-produk UMKM.

“Hal ini merupakan upaya dukungan dari hulu ke hilir, bagaimana UMKM bisa tumbuh dan akhirnya menjadi penguat ekonomi. Ini bentuk konkrit, di mana dengan sederhana kita melakukan hal kecil tapi berdampak besar, seperti memberikan ruang fasilitas pemerintah untuk membantu,” ujarnya.

Bung Edi juga menjelaskan, bahwa dukungan pemerintah terhadap pemasaran produk UMKM secara online tetap terus berjalan. Akan tetapi, penting juga jika customer bisa melihat langsung kualitas produk-produk yang dipasarkan.

“Pemasaran secara digital terus berlangsung, tetapi masyarakat juga bisa melihat langsung ke outlet-outlet UMKM Corner yang ada di pasar-pasar. Sehingga bisa tahu bahwa produk-produk UMKM lokal ternyata sudah memiliki kualitas ekspor,” sambungnya.

UMKM Corner di Pasar Kasin ini menjadi UMKM Corner pertama yang didirikan di Kota Malang. Ke depannya, Bung Edi berharap bahwa ruang yang sama juga akan dikembangkan di pasar-pasar lain yang ada di Kota Malang.

“Saya kira pengembangan di pasar yang lain tentu akan dilakukan. Karena ini hal yang bagus dan bermanfaat. Tetapi tentu kita juga harus melihat traffic jual beli di pasar itu sendiri, jika bagus pasti kita dirikan,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Koordinator UMKM Corner Pasar Kasin, Retno Wijayanti, menyebutkan rencananya UMKM Corner di Pasar Kasin akan memasarkan produk-produk UMKM lokal dalam beberapa tahap. Pada tahap awal ini, UMKM Corner akan fokus pada proses pemasaran produk-produk makanan tahan lama.

“Rencananya kami akan memasarkan semua produk, seperti produk makanan siap saji, produk kriya, dan lain-lain. Untuk saat ini, dengan melihat kondisi yang ada, kami mencoba melakukannya secara bertahap,” ujar Retno.

Retno juga berharap UMKM Corner ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa diduplikasi ke pasar-pasar lain yang ada di Kota Malang. “Harapannya UMKM Corner ini bisa diduplikasi di pasar-pasar lain. Sehingga bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk kembali berbelanja ke pasar tradisional dan mengembalikan marwah pasar tradisional sebagai penggerak perekonomian Kota Malang,” pungkasnya. (ayu/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content