Berita Kesehatan

Vaksinasi PMK di Kota Malang Capai Angka 100 Persen

Klojen, (malangkota.go.id) – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang gencar melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Kali ini, pihak Dispangtan melakukan vaksinasi pada 299 ekor sapi di tiga kecamatan, Kota Malang, Jumat (15/7/2022).

Vaksinasi PMK oleh tim Dispangtan Kota Malang di Suku

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Ternak Dispangtan Kota Malang drh. Anton Pramujiono, membenarkan sudah melakukan vaksinasi PMK di wilayah Kota Malang. Vaksinasi dilakukan di tiga kecamatan di Kota Malang yang terdapat peternakan sapi, yaitu di Kedungkandang, Blimbing, dan Sukun.

“Kami berharap dengan pemberian vaksin bisa semakin meningkatkan kekebalan kesehatan sapi ternak di Kota Malang, sehingga bisa tumbuh dengan baik,” jelas Anton.

Vaksin yang diberikan ke masing-masing sapi jatahnya 2 mililiter. Sejauh ini, di tiga kecamatan di Kota Malang sudah diberikan vaksinasi untuk 229 ekor sapi. Vaksinasi diberikan kepada sapi-sapi sehat yang dalam rentang enam sampai dengan tujuh bulan ke depan tidak diperjualbelikan.

Dari data yang ada, Anton menambahkan di Kota Malang total terdapat sebanyak 418 kasus PMK. Dari sapi sebanyak itu, 189 sapi berhasil disembuhkan, tiga mati, 160 sapi dipotong paksa, dan kini 66 masih dalam masa pengobatan.

Saat ini, Kota Malang sudah menyelesaikan vaksinasi PMK kepada hewan ternak atau sudah mencapai angka 100 persen. Pihak Dispangtan berharap bisa meminimalisir terjadinya sapi PMK di Kota Malang. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content