Artikel UMKM

Kreasi Perca Unik Nan Cantik Karya Lurike Gendhuk

Malang, (malangkota.go.id) – Seakan tak ada habisnya bicara potensi yang dimiliki Kota Malang. Beragam kerajinan unik lahir dari tangan terampil warga Kota Malang. Salah satunya adalah Lurike Gendhuk.

kerajinan unik Lurike Gendhuk.

Berawal dari sebuah candu akan berbagai kreativitas. Siti Chodidjah, pemilik usaha, pada tahun 2017 mencetuskan penggunaan kain lurik sebagai media berekspresi, setelah bertemu dengan pengrajin surjan yang membuang kain sisa hasil dari produksinya. Alhasil, perempuan ramah ini menghasilkan berbagai produk kriya dari bahan perca lurik. Bahkan, usaha yang dirintisnya ini sudah dilegalkan sejak tahun 2019. Merk Gendhuk sudah terdaftar dan memiliki NIB.

Bukan tanpa alasan, Siti mengambil nama Lurike Gendhuk. Ia menyampaikan bahwa Gendhuk dalam istilah Jawa adalah panggilan untuk anak perempuan. Dengan kostum kemben seperti perempuan jawa zaman dahulu yang sarat akan kesederhanaan. Dalam beraktivitas, seorang anak senantiasa total dan tulus.

“Berharap brand “Gendhuk” dapat merepresentasikan karakter dari simbol anak perempuan yang memiliki karakter yang sederhana. Tapi memiliki totalitas dan ketulusan dalam berkarya,” tuturnya.

Produk-produk Lurike Gendhuk berbasis kearifan lokal. Selain itu, beragam produknya ini memiliki nilai fungsional sekaligus nilai estetis, etnik dan unik.

“Kami ingin mengubah image dari produk sederhana menjadi sebuah produk elegan. Dengan demikian akan memberi nilai tambah pada sebuah karya tradisional dengan tetap menjaga nilai-nilai budaya luhur dan mewujudkannya dalam berbagai produk fesyen dan kriya,” ujar Siti.

Dari tempat usaha yang berlokasi di Jalan Prof. M. Yamin III/180 Malang, beragam produk fesyen dan kriya diproduksi. Dengan dibantu dua orang karyawannya yang juga perempuan, Siti membuat aneka aksesori seperti anting dan kalung, tatakan piring dan gelas, gantungan kunci, masker, pouch, bandana, hingga pakaian yang tampak cantik dan menawan. Harganya pun bervariasi mulai Rp10.000,00 hingga Rp1.200.000,00.

Pasarnya pun telah merambah luar Kota Malang. Beragam produk Lurike Gendhuk ini dipajang dan dijual di Sarinah Dept. Store Malang, Singhasari Resort Batu, dan Swiss Belinn Malang. Untuk pemesanan juga bisa dilakukan dengan menghubungi nomor 081233273740 dan gambar produk dapat dilihat melalui akun Instagram @lurike_gendhuk. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content